Teknik Geologi Unsoed Ikuti Sosialisasi Sistem Informasi Air Tanah ESDM Wilayah Serayu Tengah

Cabang Dinas ESDM Wilayah Serayu Tengah mengadakan sosialisasi Sistem Informasi Pengendalian Dan Konservasi Air Tanah (SEPAKAT) yang dilaksanakan pada Hari Jumat Tanggal 3 September 2021. Kegiatan ini mengundang berbagai pihak yang berkepentingan dan sering berinteraksi dengan air tanah. Teknik Geologi Unsoed yang sering melakukan penelitian terkait air tanah juga mengikuti acara ini melalui perwakilan salah satu dosen.

Pengadaan sistem informasi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa air tanah sebagai sumber daya alam non hayati merupakan bagian dari lingkungan hidup sehingga terdapat interaksi antara sumber daya air tanah dengan lingkungan secara keseluruhan. Dengan kondisi yang demikian ini, ketersediaan air tanah sangat ditentukan oleh kondisi geologis, hidrogeologis, dan komponen – komponen lingkungan hidup lain yang mempengaruhinya. Oleh sebab itu, keterdapatan air tanah bersifat sangat dinamis baik dari aspek kuantitas maupun kualitasnya dan memiliki ketersediaan yang variatif antara tempat yang satu dengan tempat lainnya.Pengambilan air tanah yang cenderung semakin intensif dan tidak sesuai dengan ketersediaan serta zona pemanfaatannya pada akhirnya akan berdampak terhadap kuantitas, kualitas, dan daya dukung lingkungan setempat. Imbas dari semakin intensifnya pemanfaatan air tanah di cekungan ini berakibat pada terjadinya penurunan muka air tanah dan amblesan tanah. Sebagai upaya dalam rangka penanggulangan dan mengantisipasi terjadinya degradasi lingkungan lebih jauh, maka pengelolaan air tanah perlu dilakukan secara lebih bijaksana berbasis konservasi sehingga ketersediaan air tanah dapat terjaga dan berkelanjutan. Dalam upaya untuk menjaga keseimbangan antara pengambilan dan ketersediaan perlu adanya kegiatan pengawasan dan pengendalian air tanah  dengan sasaran terukur dan riil sesuai dengan kondisi sebenar-benarnya di lapangan dapat digunakan menganalisa tingkat kerusakan air tanah. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam upaya pengawasan dan pengendalian air tanah yakni dengan melakukan pelaporan mandiri secara periodik.

Cabang Dinas ESDM Wilayah Serayu Tengah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Dan Konservasi Air Tanah (SEPAKAT). Aplikasi tersebut dapat diakses di https://s.id/G4SjB .SEPAKAT merupakan Sistem Pengendalian dan Pengawasan Air Tanah yang melibatkan pengguna air tanah untuk melaporkan kondisi air tanah di tempatnya masing-masing secara periodik. Menu yang sederhana menjadi prioritas dalam sistem ini agar memudahkan penggunanya untuk melakukan pengisian data. Aplikasi ini juga dapat di akses melalui telepon genggam sehingga akan praktis digunakan pada saat di lapangan. Dengan aplikasi ini maka partisipasi perusahaan pengguna air tanah dalam rangka pengendalian dan konservasi ketersediaan air tanah secara berkelanjutan dapat lebih nyata, mudah dan cepat. Sehingga dapat menyelamatkan ketersedian air tanah secara lestari untuk kehidupan anak cucu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian