Sharing Penyusunan Kurikulum MB-KM Fakultas Teknik UNSOED

WhatsApp Image 2020-11-09 at 23

[ft.unsoed.ac.id. Sen, 09/11/20] Dalam rangka implementasi Program MB-KM di Fakultas Teknik UNSOED, fakultas menyelenggarakan acara “Sharing Penyusunan Kurikulum MB-KM Fakultas Teknik UNSOED” pada hari Senin, 9 Nov 2020, bertempat di ruang Aula Fakultas Teknik. Acara sharing dibuka/dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Acep Taryana., S.Si., M.T, dan dihadiri oleh Tim MB-KM seluruh program studi di lingkungan Fakultas Teknik UNSOED. Wakil Dekan Akademik memaparkan tentang perkembangan Program MB-KM sejak mulai awal diskusi pada bulan Maret 2020 sampai dengan perkembangan saat ini. Fakultas Teknik sendiri telah mengimplementasikan Program MB-KM untuk kuliah antar program studi dalam fakultas sendiri, dimulai sejak semester gasal 2020/2021. 

Pada perjalanannya, fakultas telah memfasilitasi agar  program studi untuk segera menyesuaikan atau mengubah kurikulum yang dapat mendukung program MB-KM. Pada fase waktu terakhir dalam tahun anggaran 2020, fakultas telah menggulirkan program penyusunan kurikulum MB-KM untuk 4 program studi, yaitu Teknik Elektro, Teknik Geologi, Informatika, dan Teknik Industri. Adapun Teknik SIpil sudah lebih dahulu menyelenggarakan penyesuaian kurikulum karena mendapatkan dana hibah MB-KM dari Kemendikbud. 

Sharing penyusunan kurikulum MB-KM yang pertama dipaparkan oleh Ketua Jurusan Teknik Industri, Maria K, S.T, M.T. Jurusan Teknik Industri lebih memilih Structured Form untuk menyelengarakan MB-KM pada bentuk pembelajaran 20 SKS di luar Non Perguruan Tinggi. Sebagai contoh, 20 SKS Program Magang Industri  dibagi ke dalam beberapa matakuliah Kerja Praktek, Tugas Akhir, Pendadaran, dan matakuliah pilihan yang sesuai dengan topik Magang Industri. Begitu pula dengan bentuk pembelajaran Riset, Proyek Independen, dan lainnya hampir seluruhnya menghasilkan Tugas AKhir dan pendadaran sebagai bentuk penyetaraannya. 

Disela-sela pemaparan pengalaman penyusunan Kurikulum MB-KM Teknik Industri, Ketua Jurusan Teknik SIpil, Dr.Eng Agus Maryoto, S.T.,M.T, memberikan pandangan penyusunan kurikulum. Salah satu yang muncul dan ditanggapi dengan hangat oleh para peserta sharing adalah masalah pembimbing saat magang industri. Untuk kerja praktek dan tugas akhir sangat setuju dibimbing oleh dosen yang sesuai dengan materi magang industri. Tetapi bagaimana dengan pembimbing matakuliah pilihan yang merupakan bagian dari magang industri ? Apakah setiap matakuliah pilihan tersebut dimbimnbing oleh satu orang dosen pengampu.

Semakin siang acara sharing semakin menarik, namun waktu yang hampir habis maka acara sharing ditunda untuk dilanjutkan minggu depan dengan topik yang lebih mendalam, yaitu menyusun CPL, Metode Assesment dari Kurikulum program studi masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian