FT Inisiasi Kerjasama dengan IT PLN

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Purbalingga, 3 November 2023 – Program profesi insinyur merupakan salah satu dari tujuh bidang keprofesian yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 036/U/1993, Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Dikti, Perpres No.8 tahun 2012 tentang KKNI, Undang-Undang nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran serta Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang SNDIKTI. Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang Keinsinyuran.

Pada hari Jumat, 3 November 2023 bertempat di Ruang F101 dilakukan kegiatan Inisiasi Kerjasama antara Fakultas Teknik UNSOED dengan Institut Teknologi PLN. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswa dan Alumni, Dr. Ir. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom, Ketua tim kerjasama, Prof. Dr. Eng. Ir. Retno Supriyanti, S.T., M.T, IPU beserta tim dan tim inisiasi pendirian Program Profesi Insinyur FT yang terdiri dari Dr. Eng. Ir. Purwanto Bekti Santoso,S.T., M.T, Ir. Priswanto.S.T., M.Eng., Dr. lr. lndra Permana Jati.S.T.,M.T. dan lr. Yogiek lndra Kurniawan.S.T.,M.T.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Dr. lr. Pawenary, MT, MPM, lPU, ASEAN Eng. selaku Wakil Rektor IV bidang Kemitraan dan Bisnis IT PLN dan lr. Tumpal Gultom, M.T.,lPU., ASEAN Eng. Acara ini membahas terkait dengan persiapan pendirian Program Studi Program Profesi Insinyur di Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman dan pembahasan MOU Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait pendirian program studi Program Profesi Insinyur serta membahas terkait kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bersama antara Fakultas Teknik UNSOED dengan IT PLN yang dituangkan dalam draft MOU Kerjasama ini.

Dengan adanya pendidikan profesi insinyur, diharapkan standar kompetensi insinyur di Indonesia dapat menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan pada bidang teknologi, industri dan infrastruktur di Indonesia. Selain itu karena Persatuan Insinyur Indonesia (PII) juga telah menjadi anggota organisasi keinsinyuran tingkat dunia seperti World Federation of Engineering Organizations (WFEO) dan ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), diharapkan Program Studi Program Profesi Insinyur yang akan didirikan di Fakultas Teknik UNSOED dapat berkompetensi dan dapat bersaing dengan kebutuhan Insinyur yang dapat berdampak dan memberikan masyarakat di lingkungan sekitar Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]