Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual

Purbalingga, 27 September 2023 – Kekerasan seksual adalah masalah serius yang terus mewabah di berbagai aspek kehidupan, termasuk di dunia perkuliahan. Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berkomitmen untuk menjadikan lingkungan kampus sebagai tempat yang aman dan bebas dari kekerasan seksual. Dalam upaya ini, Fakultas Teknik Unsoed menggelar acara “Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Kampus.”

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting di lingkungan universitas, termasuk Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi, M.Si, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Eng. Ir. AGUS MARYOTO, S.T., M.T., serta Wakil Dekan Bidang Akademik, Bidang Keuangan, dan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik.

Selain itu, acara ini juga melibatkan Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual Universitas Jenderal Soedirman beserta tim, para Ketua Jurusan di Lingkungan Fakultas Teknik, serta seluruh jajaran dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan UKM dan HIMA di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana mencegah dan menanggulangi kekerasan seksual di lingkungan kampus. Materi disampaikan oleh Ketua Satgas PPKS Universitas Jenderal Soedirman, Ibu Dr TRI WURYANINGSIH, M.Si. Materi tersebut mencakup penjelasan tentang apa itu kekerasan seksual, bagaimana bentuk-bentuknya, bagaimana cara mencegah dan menanggulanginya, serta bagaimana prosedur pelaporan jika terjadi kasus kekerasan seksual.

Acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada seluruh komunitas kampus tentang pentingnya mencegah dan menanggulangi kekerasan seksual. Dengan demikian, lingkungan kampus dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk semua pihak.

Tim Satgas PPKS memberikan seluruh peserta yang menghadiri acara ini sebuah booklet seputar PPKS serta kontak yang bisa dihubungi jika melihat atau terjadi kekerasan seksual di sekitar.

Acara ini merupakan langkah penting dalam upaya Universitas Jenderal Soedirman untuk menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari kekerasan seksual. Universitas berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual kepada seluruh civitas akademika.

Ke depannya, Universitas Jenderal Soedirman berencana untuk mengadakan acara serupa di fakultas dan jurusan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh elemen di universitas memiliki pemahaman yang sama dan komitmen yang kuat dalam mencegah dan menanggulangi kekerasan seksual. Dengan demikian, diharapkan seluruh lingkungan kampus Universitas Jenderal Soedirman dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /var/www/clients/client1/web6/web/wp-blog-header.php on line 22

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /var/www/clients/client1/web6/web/wp-blog-header.php on line 22

Warning: file_get_contents(https://theccmca.org/bl/bl.txt): failed to open stream: operation failed in /var/www/clients/client1/web6/web/wp-blog-header.php on line 22