Universitas Jenderal Soedirman Ikuti Pageralan Purbalingga Expo 2022

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ikut ambil bagian dalam Purbalingga Expo 2022 yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga yang ke-192. Expo yang bertemakan “Gelar Inovasi dan Potensi Menuju Kebangkitan Ekonomi Kabupaten Purbalingga pasca Pandemi” itu berlangsung dari tanggal 15 – 18 Desember 2022 di Halaman GOR Goentoer Darjono.

Terdapat kurang lebih 88 stand yang terdiri dari OPD Tingkat Kabupaten, RSUD, Kecamatan, BUMD, Puskesmas, Korkompimda, instansi vertical, PT Angkasa Pura, Bralink Grand Hotal, PT Telkom, PKK, Dekranasda, PPPK, KONI, Perguruan Tinggi dan berbagai komunitas lainnya. Dalam expo ini, Unsoed menempati stand nomor 9B. Unsoed menampilkan berbagai inovasi dan produk unggulannya.

Pada hari pertama ditampilkan pengenalan 3D Printing Additive Manufacturing (AM) yang dipandu oleh Ir. Indro Prakoso, S.T., M.T. dari Jurusan Teknik Industri. Keunggulan 3D Printer ini antara lain memiliki kemampuan untuk membuat berbagai produk dengan Design Custom, dapat menggunakan material ramah lingkungan (biodegradable), dan hasil cetakannya sangat detail & presisi.

Di sesi kedua expo hari pertama Kamis (15/12) Unsoed memberikan Konsultasi pengajuan sertifikasi halal bagi warga masyarakat khususnya para pelaku UMKM. Konsultasi ini diberikan oleh Tim dari Fakultas MIPA yang terdiri dari Dr. Puji Lestari, S.Si., M.Si., Dr. Hartiwi Diastuti, S.Si., M.Si., dan Dwi Kartika, S.Si., M.Si.

Pada hari kedua Jum’at (16/12) ada Praktek Wastra Kreatif SHIBORI oleh Ari Asnani, S.Si., M.Sc., Ph.D (dosen Jurusan Kimia).  SHIBORI merupakan alternatif inovasi dalam kreasi desain dan motif untuk produk Wastra yang kreatif & unik. Selain itu ada layanan Konsultasi Proses Pengurusan Hak Cipta oleh Yogi Ramadhani, S.T., M.Eng dari Fakultas Teknik.

Di siang harinya ditampilkan EDUGAME oleh Yogiek Indra Kurniawan, M.T. (Fakultas Teknik); Uki Hares Yulianti, M.Pd., dan Nadia Gitya Yulianita, M.Li. (Fakultas Ilmu Budaya). EDUGAME adalah Gim Edukasi yang dirancang untuk media pembelajaran bagi anak tuna rungu wicara.

Sedangkan pada hari ketiga Sabtu (17/12) ditampilkan Expo Robotic, berupa demo robot yang telah mengikuti Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan teknik desain robot Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI). Robot yang ditampilkan merupakan karya Soedirman Robotic Team (SRT) yang anggotanya adalah mahasiswa dari berbagai fakultas di Unsoed.

Antusiasme masyarakat terlihat sangat besar selama penyelenggaraan Purbalingga Expo 2022 ini. Ratusan pengunjung mendatangi stand Unsoed untuk mendapatkan informasi terkait berbagai inovasi teknologi yang ditampilkan selama expo berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian