Tim Informatika Unsoed Berhasil Melaju Tahap Nasional Gemastik 2021

Tim OKE SIP dari mahasiswi Informatika Universitas Jenderal Soedirman berhasil melaju ke tahap nasional dalam perlombaan Gemastik Tingkat Nasional tahun 2021 untuk cabang lomba “Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)”, dengan Judul Karya “ Implementasi Laplace Smoothing pada Naive Bayes Classifier untuk Klasifikasi Penentuan Level Mental Healthy Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19”, yang dibimbing Dosen Informatika Arief Kelik Nugroho, S.Kom., M.Cs.

Tim OKE SIP yang terdiri dari tiga orang mahasiswi informatika angkatan 2020 ini akan mengikuti tahapan lomba pada Senin (04/10) sd (07/10) di pertandingan Gemastik Tingkat Nasional. Perlombaan dimulai dengan pembukaan, pengundian no undi dan tanya jawab oleh juri terkait vidio presentasi, kemudian pengumuman kejuaraan. Kontes ini berlangsung secara daring / online, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19. Poster ditampilkan di instagram dengan link https://www.instagram.com/p/CUbyV4ePeDy/?utm_medium=copy_link dan pengumpulan video presentasi melalui youtube https://www.youtube.com/watch?v=vb7ZY1mKSP8.

Tim OKE SIP, yang diwakili oleh Shilna Paradisa mengatakan pada final lomba Gemastik tahun ini, Tim OKE SIP mengangkat tema karya ilmiah tentang masalah mental healthy mahasiswa sebagai dampak sistem pembelajaran di Indonesia yang berubah menjadi daring akibat pandemi covid-19. untuk membantu mengklasifikasikan level mental healthy pada mahasiswa dibutuhkan metode klasifikasi yang dapat digunakan untuk pengklasifikasian level mental healthy mahasiswa yaitu dengan metode Naive Bayes Classifier namun terkadang masih memiliki kekurangan dalam proses klasifikasi data. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, dapat dilakukan penggunaan Laplace Smoothing. “Harapan tim kami yaitu dapat memberikan penampilan yang terbaik di final nanti dan mampu menjawab setiap pertanyaan dewan juri sehingga dapat meningkatkan peluang kami untuk bisa masuk 3 besar dalam final Gemastik XIV nanti dan membawa nama baik Universitas Jenderal Soedirman”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian