Dua Tim Mahasiswa Teknik Geologi Borong Juara di Ajang Bergengsi CGS

Mahasiswa Fakultas Teknik terus mengukir prestasi.  Kali ini dua Dua Tim dari Mahasiswa Jurusan Geologi Fakultas Teknik Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) berhasil memborong juara pada ajang bergengsi Geologi Tingkat Nasional yaitu Celebes Geo Summit (CGS) tahun 2021 yang dilaksanakan di Universitas Hasanudin.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 26 September 2021 dengan beberapa item kegiatan yang terdiri dari Paper Competition, Gemstone, Video Competition, Desa Binaan, Geotourism dan Celebes Night.Tema yang diangkat kali ini yaitu “Geo-Environment for Natural Resource Management Towards Golden Indonesia”. 

Tim Mahasiswa Geologi UNSOED berhasil meraih Juara 1 Geology Smart Student Competition yang diraih oleh Ezza Ray Raditya Prasetyo (H1C018002), Idham Khaliq Yudhistira (H1C08051), dan Kasih Septiani (H1C08031) serta Juara 1 Video Competition Celebes Geo Summit yang diraih oleh tim Dhofaeri Wildan (H1C018011), Annisa Helly Suranda (H1C018029), M. Falih Hikmatullah (H1C018052).  Tim mahasiswa UNSOED ini berhasil mengungguli peserta lain dari seluruh Indonesia diantaranya dari  ITB, UGM, UNPAD, UI, Universitas Pertamina, UNHAS, UNMUL, dan USK

Tim Geology Smart Student Competition, Ezza Raditya mengungkapkan bahwa tahapan dari Geology Smart Student Competition (Gemstone) diikuti oleh 11 tim yang terdiri dari babak penyisihan, semi final, dan final.  “Pada babak final Unsoed memperoleh 120 point” jelasnya.

Sementara untuk lomba video competition Annisa mengatakan bahwa Lomba dari video Celebes tahun ini mengangkat tema “The Art of Geology”.  “Tim kami mencoba mengulik Goa Lava yang ada di Purbalingga. Kami melakukan shooting menggunakan bantuan drone dan kamera. Kemudian kami juga menambahkan informasi terkait geologi di dalam video nya”.  Jelasnya.

Ezza dan Annisa berharap prestasi ini dapat terus memacu mereka untuk berprestasi lebih baik lagi.  Prestasi ini juga diharapkan memotivasi mahasiswa yang lain untuk bersaing di tingkat yang tinggi.

Kegiatan CGS 2021 dibuka oleh Kepala Bidang ESDM Provinsi Sulawesi Selatan, A Irawan Bintang. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow dengan tema ”Pertambangan Ramah Lingkungan” dengan pemateri Lana Saria, Sri Widodo dan Gesang Setyadi.

Sementara itu kegiatan webinar disampaikan oleh James Evert Adolf Liku dengan tema ”Life Cycle Thinking: Waste Management in The Mining Industry”. Sementara Rahmat Muallim membawakan materi dengan tema ”Mining Resilience Sustainability Concept in Mining, Case Study : Coal and Nickel Mining Industry Green Sustainability Fundamentaly Concept”. Hari kedua dilaksanakan Competition Day yang terbagi atas 2 cabang perlomba, yaitu: Paper Competition dan Gemstone (Geology Smart Student). Hari ketiga diisi oleh Launching Desa Binaan dan Pemeriksaan Kesehatan.  Dan hari terakhir dilakukan aksi Bakti Sosial, Outbond, dan Malam Sejuta Bintang (Celebes Night) yang dilaksanakan secara offline dan online. Untuk acara offline nya sendiri dilaksanakan di Hotel Claro (Phinisi Ballroom Lantai 2) HariJl. A. P. Pettarani No. 03, Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian