KULIAH UMUM INFORMATIKA “TALK IN INFORMATICS” BUKA WAWASAN RISET DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan kuliah umum yang bertaraf internasional dengan menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (16/11). Kuliah umum jurusan Informatika kali ini dilaksanakan dengan nama ‘Talk in Informatics’ dan mengusung tema ‘Isu Terkini Dalam Riset Bidang Informatika dan Computational Thinking’. Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom meeting dan disiarkan langsung pada channel Youtube Jurusan Informatika Unsoed : https://www.youtube.com/watch?v=m_arENrgXCE.

Talk in Informatics diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Informatika Unsoed, Teguh Cahyono, S.T., M.Kom  yang menyampaikan harapannya kepada para peserta kuliah umum supaya bisa mengikuti dan mencermati apa yang disampaikan oleh para narasumber. Dengan adanya acara ini semoga apa yang menjadi tujuan dilaksanakannya acara ini dapat terlaksana dengan baik. Sambutan dilanjutkan dan sekaligus dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik,  Acep Taryana, S.T., M.T. Dalam sambutannya Wakil Dekan Akademik menyampaikan bahwa di era revolusi 4.0 ini menuntut revolusi di segala bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Kuliah umum ini dirasa tepat agar mampu mengungkap berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi dan Computational Thinking. Kegiatan ini bertujuan untuk mengupgrade pengetahuan dosen dan mahasiswa informatika tantang Computational Thinking yang harapannya bisa melahirkan sebuah MOU/perjanjian nasional maupun internasional untuk mahasiswa dan para dosen dalam hal  penelitian maupun studi lanjut.

Talk in Informatics menghadirkan dua narasumber yang mempunyai nama besar dalam bidang Informatika yaitu Dr. Inggriani Liem dan Professor Valentina Dagiene dari Vilnius University Lithuania. Dalam paparannya  narasumber menyampaikan sharing pengalaman riset dan penulisan publikasi dari Professor Valentina, yang mempunyai lebih dari 300 artikel jurnal hasil riset, lebih dari 60 buku teks dan menjadi editor dari beberapa jurnal internasional.

Acara yang di moderatori oleh Dosen Informatika Unsoed, Swahesti Puspita Rahayu, M.T. ini diharapkan dapat membuka wawasan civitas akademika Jurusan Informatika Unsoed tentang riset dan publikasi internasional serta menjadi rintisan kerjasama dengan Universitas Vilnius Lithuania.

Kuliah umum berlangsung hangat dan antusias dibuktikan dengan kehadiran para peserta kuliah umum yang tercatat lebih dari 220 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Informatika dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang terlibat dalam sesi tanya jawab dengan para narasumber. Selanjutnya acara kuliah umum diakhiri dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian
X