Dosen Teknik Sipil UNSOED Kembali Torehkan Prestasi di Luar Negeri

Yanuar Haryanto, S.T., M.Eng, staf pengajar Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), sekaligus kandidat Ph.D di National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan, kembali menorehkan prestasi di luar negeri dengan meraih dua penghargaan sekaligus dalam waktu berdekatan.

Pada kesempatan kali ini, Yanuar ditetapkan sebagai salah satu pemenang penghargaan Veritas et Conscientia Scholarship, sebuah program yang menawarkan beasiswa dengan nilai nominal tertinggi secara nasional bagi mahasiswa internasional yang mengejar gelar doktor di Taiwan. Yanuar menduduki peringkat pertama dari seluruh mahasiswa internasional yang berasal dari College of Engineering yang menerima penghargaan tersebut. Yanuar juga ditetapkan sebagai salah satu penerima penghargaan Honorable Mention Award dalam ajang The Grand Review and Competition for PhD Student/Postdoctoral Research Fellow, yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis NCKU ke-90.

Dalam upacara penyerahan penghargaan yang dilaksanakan Jumat (12/11/2021), Presiden NCKU Profesor Huey-Jen Su menyampaikan bahwa nilai inti pendidikan adalah membawa perubahan positif kepada masyarakat melalui penelitian dan pengembangan bakat, dan mahasiswa internasional NCKU menjadi kunci dalam memajukan kampus NCKU agar lebih dinamis dan inovatif. Menurutnya alumni NCKU akan memainkan peran yang sangat penting dalam masyarakat, serta berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kemajuan pembangunan di Taiwan. “Penghargaan Veritas et Conscientia Scholarship akan lebih menggugah minat mahasiswa internasional program doktoral di NCKU dalam bidang akademik dan sains,” terangnya.

Profesor Hsuan-Teh Hu selaku pembimbing utama mengatakan bahwa Yanuar adalah mahasiswa paling berprestasi yang pernah dibimbingnya selama ini. Lebih jauh disampaikan bahwa sampai saat ini Yanuar telah menerbitkan 11 paper yang berafiliasi NCKU dengan 6 di antaranya merupakan paper yang terindeks Science Citation Index (SCI). Selain itu, Yanuar juga saat ini membimbing 4 mahasiswa program master mengerjakan penelitian dengan topik perkuatan elemen struktur bangunan. “Yanuar sangat layak mendapatkan penghargaan Veritas et Conscientia Scholarship dan Honorable Mention Award. Saya percaya bahwa di masa depan, Yanuar akan terus menunjukkan prestasi dalam karirnya yang akan membuat NCKU bangga kepadanya,” imbuhnya. Hal senada juga disampaikan oleh Profesor Han Ay Lie dan Profesor Fu-Pei Hsiao selaku pembimbing pendamping. Dalam kesempatan pidato yang disampaikannya mewakili seluruh peraih penghargaan tersebut, Yanuar mengemukakan bahwa dirinya berterima kasih kepada NCKU atas pengakuan untuk prestasinya, dan sekali lagi berharap pencapaiannya dapat memotivasi mahasiswa lainnya, khususnya yang berasal dari Indonesia. Yanuar menekankan bahwa penghargaan yang diraihnya tak lepas dari dukungan dan inspirasi dari para pembimbing, senior, kolega dan pimpinan di UNSOED, keluarga, serta sahabat yang sangat dihormatinya. “Kembali saya menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka semua, yang telah mendorong saya mencapai tahap di mana saya dapat dengan bangga menerima penghargaan-penghargaan ini sebagai tanda pencapaian saya” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian
X