Engineering Research Consortium (ERCons) Gagas Kolaborasi Riset PETIR

Program Pertukaran Tim Periset (PETIR) merupakan skema kolaborasi riset yang digagas oleh Engineering Research Consortium (ERCons). ERCons adalah sebuah konsorsium riset yang didirikan oleh Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Fakultas Teknik Universitas Mataram, Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Program ini diluncurkan untuk mendorong dan memfasilitasi terbentuknya tim-tim riset kolaborasi. Riset kolaborasi dapat dibentuk dari beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam ERCons ini yaitu Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri,dan Teknik Kimia. Melalui ERCons ini diharapkan dapat memfasilitasi untuk bagaimana supaya masing-masing para ahli ini bisa bertemu. ERCons dibuat supaya bisa saling mengenal dan berkolaborasi.

Yanto, S.T., M.S.E, Ph.D (Ketua Badan Pelaksana Engineering Research Consortium) menyampaikan bahwa ada 2 pendekatan dalam program PETIR ini, pertama konsorsium ini secara aktif akan mencari sumber pendanaan untuk penelitian yang diajukan oleh para penelitia anggota ERCons. Yang kedua Inisiatif dari para peneliti semua, misalnya ada pendanaan dari DRPM, kemudian mau mencari tim untuk berkolaborasi dalam riset tersebut maka bisa dicari melalui ERCons ini. Selain itu ada benefit yang bisa didapatkan selain bisa mencari tim peneliti, yaitu MoU antara kedua peneliti yang berasal dari Universitas berbeda dapat diajukan melalui konsorsium ini, dan konsorsium yang akan mengurusnya.

ERCons membuka program pertukaran periset antar 6 Fakultas Teknik (Unsoed, ITS, Unhas, Unmul, Untam, Unram). Untuk mengetahui informasi selengkapnya dapat mengakses chanel youtube berikut : https://youtu.be/GNhZY5uVFyI

Bagi Bapak Ibu yang berminat untuk bergabung di program PETIR ini dapat melakukan pendaftaran melalui link berikut: http://ercons.id/

ERCons juga akan mengundang APN untuk presentasi Call for Proposals tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada Hari Kamis (18/11) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian
X