Wakil Dekan 3 FT UNSOED Lantik Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Tahun 2023

Organisasi kemahasiswaan sebanyak 14 lembaga yang terdiri dari 1 Lembaga Eksekutif, 1 Lembaga Legislatif, 5 Himpunan Mahasiswa, dan 7 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) resmi dilantik oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unsoed yaitu Dr. Ir. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom tepatnya pada Rabu, 15 Maret 2023 di Auditorium FT Unsoed. Prosesi ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Ketua jurusan, Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan mantan para ketua lembaga sebelumnya. Selama upacara berlangsung, setiap organisasi kemahasiswaan mengirimkan seluruh pimpinan pada setiap lembaga untuk mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir.

Upacara pelantikan pengurus organisasi kemahasiswaan dilakukan melalui penyerahan Surat Keputusan (SK) Dekan tentang Pengangkatan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa FT Unsoed Tahun 2023 kepada dua orang perwakilan pengurus organisasi, yaitu dari Badan Eksekutif Mahasiswa yaitu Luky Adhitama (Presdien BEM FT Unsoed) dan Dewan Legislatif Mahasiswa yaitu Amienuddien Dwielguna Nugraha (Ketua DLM FT Unsoed). Penyerahan SK Rektor ini dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Unsoed, Prof. Dr. Eng, Agus Maryoto, S.T., M.T. di panggung upacara. Setelah usai prosesi penyerahan, dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Prasetya Organisasi Kemahasiswaan sebagai bentuk pelantikan janji para lembaga dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawab pengurus organisasi kemahasiswaan.

Seperti tahun sebelumnya, setelah prosesi sumpah jabatan dilakukan, maka Presiden BEM FT Unsoed dan Ketua DLM FT Unsoed didampingi oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT Unsoed melakukan penandatanganan surat serah terima jabatan kepada setiap lembaga. Penandatangan surat serah terima jabatan dilakukan oleh Wakil Dekan 3, Presiden BEM, Ketua DLM, Ketua HIMA baru, dan Demisioner Ketua HIMA. Para HIMA terdiri dari Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Sipil, Geologi, Informatika, dan Industri. Dan Ketua UKM baru, serta Demisioner Ketua UKM yang terdiri dari SENIOR, EEC, SALMAN MM TEKNIK, KSMPA TN, PMKT, LPM Rekursif, dan UKMK.

Wakil Dekan 3 dalam pidato pengarahannya menyampaikan selamat dan pesan semangat kepada pengurus baru ORMAWA tahun 2023. Dengan  dilantiknya sebagai pengurus organisasi, mahasiswa harus lebih tertantang, sehingga amanah ini dapat diemban dengan baik. Wakil Dekan 3 membenarkan mengenai kesulitan dan tantangan Ormawa periode sebelumnya menghadapi perpindahan seluruh kegiatan kemahasiswaan secara digital. Oleh karenanya, beliau menekankan agar pengurus baru saja dilantik memiliki kreatifitas dalam menghadapi hal ini. Dengan kreatifitas, akan muncul banyak solusi-solusi. Aktif saja tidak cukup. Tapi juga perlu kreatif.

Wakil Dekan 3 juga berpesan agar para pengurus yang dilantik dapat merancang program-program yang memberikan kompetensi kepada masasiswa. Wakil Dekan 3 mendorong agar setiap kegiatan sebisa mungkin menghasilkan produk-produk berprestasi. Masa kepengurusan yang hanya 1 tahun harus dimaksimalkan. Selain itu, Wakil Dekan 3 juga menyampaikan agar mahasiswa fokus pada pengembangan diri, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Mendorong mahasiswa agar dapat berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, tidak hanya sebatas tingkat fakultas saja. Pada akhir sambutan, beliau berpesan bahwa bila ada kesulitan mengenai jalannya organisasi, Wakil Dekan 3 sangat terbuka bila dibutuhkan untuk diajak berdiskusi. Sambutan ditutup dengan pesan untuk senantiasa saling bersinergi. Kepentingan program studi, fakultas, dan universitas saling bersinergi. FT UNSOED JAYA!

Terakhir, komando dari Presiden BEM FT Unsoed dalam melantik para pengurus ORMAWA baru 2023 menyampaikan bahwasanya para pengurus baru mendapati beban baru yang ada pada pundak masing-masing individu. Adanya beban jabatan yang diampu pada setiap pimpinan, namun jadikanlah beban tersebut sebagai tanggung jawab yang bukan untuk ditagih, namun untuk dipenuhi. Jangan biarkan nama dari setiap pengurus baru itu besar karena berpengaruh dari nama FT Unsoed, tapi buatlah nama FT Unsoed besar atas kontribusi yang dapat para pengurus berikan. SALAM TEKNIK! HIDUP MAHASISWA!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *