Workshop Hari Pertama FT UNSOED, Toni Pamungkas Perkenalkan SAP Kepada Mahasiswa

Fakultas Teknik Unsoed menyelenggarakan kegiatan workshop selama 3 hari yang dimulai pada hari Selasa, 21 Juni 2022 dan berakhir pada Kamis, 23 Juni 2022. Workshop ini diselenggarakan atas Kerjasama Fakultas Teknik dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berkaitan dengan kedatangan Diaspora Indonesia ke Unsoed yang akan berbagi ilmu tentang System Application and Product in Data Processing (SAP).  Workshop hari pertama yang dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Teknik ini berlangsung di Ruang Aula Gedung F Lantai 3 Fakultas Teknik dengan tema “Pengenalan SAP untuk Pengelolaan Perusahaan” (21/06). Workshop dimulai pukul 10.00 – 12.30 WIB dan di hadiri oleh 65 peserta yang merupakan mahasiswa dari jurusan Informatika dan jurusan Teknik Industri.

Acara workshop dipandu oleh MC, Pak Dani dan dimoderatori oleh Dosen Informatika, Yogiek Indra Kurniawan S.T., M.T. Workshop diawali dengan pembukaan dan sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik, Acep Taryana, S.T., M.T.

Narasumber dalam acara workshop ini yaitu Toni Pamungkas yang merupakan diaspora Indonesia yang sudah tinggal di Jerman selama 25 Tahun yang menekuni bidang ilmu SAP yang telah ditekuninya selama 15 tahun terakhir. Narasumber mengungkapkan bahwa SAP merupakan software berbasis ERP (Enterprise Resources Planning). “Software ini diaplikasikan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya perusahaan, manajemen perusahaan, perencanaan, hingga melakukan operasionalnya lebih efektif dan efisien,” jelasnya.  SAP mendukung multi-tugas tingkat tinggi dan saat ini menjadi salah satu software nomor satu di dunia untuk bidang ini.  “Di Indonesia belum banyak yang mengetahui padahal di Jerman sudah sangat familiar dengan software ini,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Pak Toni Pamungkas memberikan motivasi kepada mahasiswa dan berharap dengan berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa tentang software ini nantinya mahasiswa dapat kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut baik dalam bentuk mata kuliah maupun kesempatan mendapatkan sertifikasi dari SAP sehingga lulusannya semakin berdaya saing tinggi dan dibutuhkan. Pak Toni berbagi ilmu di Fakultas Teknik yaitu Informatika dan Teknik Industri lebih banyak berbicara tentang aspek software dan pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian