Workshop Hari Kedua FT UNSOED, Toni Pamungkas Berbagi Ilmu Tentang Pemanfaatan SAP Kepada Dosen

Rangkaian acara Workshop Fakultas Teknik Unsoed hari kedua dengan tema” Pemanfaatan SAP sebagai Sistem ERP dalam Dunia Kerja” (22/06). Workshop yang berlangsung mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB ini bertempat di Ruang Smart Class 1, Gedung F Lantai 1 Fakultas Teknik Unsoed.

Workshop hari kedua yang dikhususkan untuk Dosen ini dihadiri oleh 17 orang peserta yang merupakan Bapak Ibu Dosen dari Jurusan Informatika dan Jurusan Teknik Industri.

Pada kesempatan ini Pak Toni menyampaikan tentang SAP secara luas mulai dari Pendahuluan dan Sejarah SAP, Proses Bisnis SAP, Modul SAP dan SAP Procurement. Lebih lanjut Pak Toni menyampaikan bahwa pada awalnya SAP masih terpisah manajeman databasenya, saat ini sudah 1 paket dengan SAP sehingga bisa menawarkan sistem Cloude dan dibantu dengan teknologi AI. Sedangkan untuk proses bisnis SAP, saat ini SAP menyediakan software yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan, namun tetap struktur perusahaan harus menyesuaikan dengan standarisasi SAP. Jelas Pak Toni.

Sementara untuk Modul SAP, yaitu dikenal dengan SAP-ERP yang terdiri dari bagian-bagian Human Resources, Plant Maintenance, Quality manajemen, Product Planning dll yang pada intinya ketika salah satu user melakukan transaksi maka akan berpengaruh kepada bagian yang lain. Untuk SAP Procurement ada 3 sistem yaitu PEC (misalnya membuat data dari production sistem), QEC (quality), UEC (data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan). Lanjut Pak Toni.

Selain itu Pak Toni juga menyampaikan spesifikasi SAP yang bisa digunakan untuk UMKM sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.  Software SAP ini sangat mahal, sehingga SAP yang cocok untuk UMKM seperti SAP business One dimana tidak semua modul dalam SAP digunakan. “Penggunaan SAP di perusahaan dilakukan untuk memudahkan transaksi dan mengurangi Human Eror dalam setiap transaksi yang dilakukan,” lanjutnya.  Pak Toni juga menyampaikan tentang beberapa modul SAP yang digunakan oleh perusahaan baik untuk pembelian, penyimpanan, maupun transaksi keuangan.

Acara Workshop hari kedua ini berjalan lancar dan antusias yang dibuktikan dengan beberapa Dosen yang terlibat dalam sesi tanya jawab hingga waktu selesai. Acara diakhiri dengan foto bersama Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian