UNSOED Resmi Terima 5.228 Mahasiswa Baru

Sebanyak 5.228 mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dikukuhkan dalam Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021, Senin (9/8), yang diadakan secara daring. Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr., menyampaikan bahwa mahasiswa yang diterima ini merupakan hasil dari sejumlah jalur penerimaan yaitu, Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), SPMB Mandiri UTBK, SPMB Mandiri Non UTBK, SPMB Profesi dan SPMB Mandiri Pascasarjana. Adapun 5.228 mahasiswa tersebut merupakan saringan dari 115.548 peminat.

Rektor UNSOED Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS., dalam sambutannya mengajak para mahasiswa baru untuk memiliki wawasan kebangsaan, bela negara dan rasa cinta terhadap tanah air.  Sebagai insan akademis, maka hal tersebut diartikulasikan dalam menggali, menemukan, menerapkan serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kerangka meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kehidupan bangsa.  “Tidak hanya itu, lulusan perguruan tinggi nantinya tidak hanya memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan di masyarakat, dunia usaha maupun dunia industri, melainkan juga memiliki kepekaan dan kesadaran untuk menjaga dan mewujudkan Indonesia sebagaimana yang dicita-citakan para pendiri dan syuhada bangsa,” ungkapnya. Rektor juga menegaskan bahwa secara khusus, kita sebagai Sivitas Akademika UNSOED memiliki mandat dalam mengembangkan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal. “Hal ini sesungguhnya melekat suatu tanggung jawab besar,  yakni bagaimana potensi yang dimiliki oleh desa – yang merupakan potret terbesar di republik ini – dapat dioptimasikan, khususnya melalui tridharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.”  

Secara simbolis penerimaan mahasiswa baru ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh perwakilan mahasiswa. Acara kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan narasumber Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Laksda TNI Dr. Ivan Yulivan, MM., M.Tr(HAN) serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Samsun Hadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian