Rektor UNSOED Terpilih Masa Jabatan 2022-2026

Tahapan Pemilihan Rektor UNSOED Masa Jabatan 2022-2026 telah selesai digelar.  Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq,M.Sc.Agr resmi terpilih sebagai Rektor UNSOED masa jabatan 2022-2026.  Hal ini setelah dalam Rapat Senat Tertutup, Kamis, 24 Maret 2022 Prof. Sodiq memperoleh suara terbanyak.  Ketua Panitia pemilihan Rektor UNSOED, Dr. Isdy Sulistyo mengatakan bahwa Prof. Akhmad Sodiq memperoleh 76 Suara disusul Dr.V Prihananto 38 suara, dan Prof.Ir Totok Agung Dwi Haryanto, Ph.D 8 suara.  “Pemilihan rektor ditempuh dengan pemungutan suara oleh anggota senat dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi,”lanjutnya.

Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr dalam keterangannya saat jumpa pers menyampaikan bahwa akan meneruskan apa yang telah dilaksanakan Prof Suwarto sebagai rektor sebelumnya.  “Saya sebagai penerusnya, program yang telah dicanangkan, akan kita lanjutkan. Salah satu isu yang sangat penting adalah isu transformasi pendidikan tinggi untuk menjawab tantangan ke depan,”jelasnya.  Sebelum terpilih sebagai Rektor UNSOED masa jabatan 2022-2026, Prof. Akhmad Sodiq saat ini masih menjabat sebagai wakil Rektor Bidang Akademik.  Profesor pada Fakultas Peternakan UNSOED ini merupakan Alumni S1 Universitas Jenderal Soedirman.  Pendidikan S2 ditempuhnya di George-August University, Germany dan dilanjutkan S3 di Kassel University, Germany.  Selain Pendidikan gelar, Prof Sodiq juga aktif mengikuti berbagai konferensi ilmiah di Perancis dan Belanda serta beberapa negara lain.  Pada saat pemaparan Visi dan Misi Calon Rektor, Prof. Sodiq memiliki tagline Merdeka-Maju-Mendunia dengan SMART. 

Perwakilan dari Kemdikbud Ristek, Direktur Sumber Daya Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed mengungkapkan bahwa dari ketiga calon Rektor semuanya memiliki kualifikasi dan kapasitas.  Calon Rektor terpilih memiliki tugas yang tidak ringan.  “Salah satu yang harus dilakukan UNSOED adalah menentukan misi deferensiasi,”jelasnya.  Misi deferensiasi tersebut yang nantinya akan membedakan antara UNSOED dengan yang lain.  Centre of Exellence UNSOED harus dijabarkan hingga tingkat fakultas. 

Setelah rangkaian proses pemilihan rektor selesai, maka saat ini tinggal menunggu waktu Pelantikan Rektor terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian