FT Unsoed, Siap Luncurkan Otomatisasi Sistem Pengelolaan Studi Akhir

Tim Komisi Studi Akhir Fakultas Teknik Unsoed yang diketuai oleh Bangun Wijayanto, S.T., M.Cs., Jum’at 25 September 2022, melakukan rapat koordinasi internal bersama dengan Tim Komisi Studi Akhir dari setiap Program Studi yang ada di Fakultas Teknik Unsoed

Rapat koordinasi yang dibuka oleh Wakil Dekan Akademik FT Unsoed, Acep Taryana, S.Si., M.T. tersebut dibahas tentang otomatisasi sistem pengelolaan studi akhir di Fakultas Teknik Unsoed. Sistem yang diberi nama SIPEDA ini, merupakan sistem yang dikembangkan oleh Tim MBKM Studi Independen FT Unsoed tahun 2021 yang lalu, yang terdiri dari 4 orang mahasiswa asal prodi Informatika Unsoed dan 2 orang dosen pembimbing. Sistem ini, nantinya akan mengakomodasi, kebutuhan mulai dari pengajuan Tugas Akhir hingga proses yudisium.

Sistem SIPEDA yang dibangun terintegrasi dengan basis data akademik UNSOED melalui koneksi Service-Oriented Architecture (SOA) sehingga keterbaharuan data ditingkat universitas secara langsung berdampak pada data di dalam SIPEDA, dan begitu pula sebaliknya. Menurut Pembimbing tingkat Fakultas, Hari Siswantoro, ST., M.T. Ph.D, penggunaan SOA ditingkat unit kerja sudah diwadahi oleh Peraturan Rektor Nomor 30 Tahun 2019 sehingga unit kerja dapat mengembangkan modul/aplikasi sistem informasi terpisah untuk kebutuhan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian