Pelepasan Mahasiswa Fakultas Teknik Program Indonesia Bangkit Kemendikbud 2021

Pelepasan Mahasiswa Fakultas Teknik Program Indonesia Bangkit Kemendikbud 2021

Pada Hari Senin, tanggal 15 Februari 2021 pukul 08.00 – 09.00 WIB telah dilaksanakan acara pelepasan Mahasiswa Fakultas Teknik Peserta Program Indonesia Bangkit 2021 secara daring menggunakan platform zoom, sebanyak 18 mahasiswa yang merupakan peserta dari Jurusan Teknik Elektro, Informatika dan Teknik Industri yang akan mengikuti Program Indonesia Bangkit.

Bangkit adalah program pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang secara khusus mempelajari dasar-dasar Machine Learning, Pemrograman Android, dan Cloud Computing. Selain, itu Bangkit adalah program kesiapan karier yang dibuat oleh Google dan dijalankan dengan dukungan dari berbagai perusahaan seperti dari Gojek, Tokopedia, Traveloka, Deeptech Foundation.

Program Indonesia Bangkit dilaksanakan selama 18 minggu yang dimulai 15 Februari 2021 sampai dengan 25 Juni 2021. Keikutsertaan 18 mahasiswa ini merupakan suatu prestasi Mahasiswa Fakultas Teknik yang mampu bersaing menjadi peserta Program Indonesia Bangkit dengan menyisihkan 40.000 peserta seluruh nusantara.

Acara Pelepasan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr.Eng. Suroso, S.T., M.Eng dan Wakil Dekan Akademik, Acep Taryana, S.Si., M.T, Bapak dan Ibu Ketua Jurusan, Calon Pembimbing Subjek Mata Kuliah Indonesia Bangkit serta 18 Mahasiswa Peserta Indonesia Bangkit 2021.

Daftar 18 Mahasiswa Peserta Lolos Program Indonesia Bangkit 2021:

No.NamaProgram StudiPilihan Pembelajaran Bangkit
1Ali RohmanTeknik ElektroMachine Learning
2Bagas Bangkit Pambudi
Teknik Elektro
Machine Learning
3Yusuf Muhammad Nur Zaman
Teknik Elektro
Machine Learning
4Nur Ardli Rachmat Saputra
Teknik Elektro
Cloud Computing
5Bima Adityo Kurniawan
Teknik Elektro
Cloud Computing
6Riski Linda Puspita Sari
Teknik Elektro
Cloud Computing
7Muhammad Arif Fahrudin
Teknik Elektro
Machine Learning
8Rainerus Wirawan Trihasmoro
Teknik Elektro
Cloud Computing
9Afifa Najla Sistyana
Teknik Elektro
Machine Learning
10Triska Arum Sari MK
Teknik Elektro
Machine Learning
11Darell Adham Kumara Damaraji
Teknik Elektro
Cloud Computing
12Taufan Muhammad F. T.
Teknik Industri
Mobile Development
13Muhammad Bahrul AshfiyaInformatikaMachine Learning
14Adinda Rizkijati PangestikaInformatikaCloud Computing
15Muhammad HikalInformatikaMobile Development
16Sugih Ahmad FauzanInformatikaCloud Computing
17Ferdy Rahmaesa SuarialInformatikaMobile Development
18Singgih Rama PradanaInformatikaMobile Development

Dalam acara pelepasan tersebut dilakukan pemaparan tentang Program Indonesia Bangkit yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Ibu Farida Asriani, S.T., M.T sebagai perwakilan dari Bapak dan Ibu Ketua Jurusan yang mahasiswanya menjadi peserta dalam Program Indonesia Bangkit 2021. Dalam pemaparannya, Ketua Jurusan Teknik Elektro ini menyampaikan tentang Latar Belakang, Tujuan, Mekanisme Kegiatan, Pengakuan dalam Kurikulum, serta proses konversinya ke masing-masing jurusan jika mahasiswa peserta dapat menyelesaikan program bangkit ini dengan baik.

Di sela – sela pemaparannya, Ibu Farida juga menyampaikan bahwa lolosnya mahasiswa Fakultas Teknik dalam Program Indonesia Bangkit ini merupakan prestasi yang membanggakan sehingga harapannya semua peserta dapat menyelesaikan dengan tuntas agar 20 SKS bisa tercapai dengan sempurna.

Acara terakhir adalah Sambutan Dekan Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr.Eng. Suroso, S.T., M.Eng sekaligus melepas Mahasiswa Program Bangkit untuk mengikuti Program Bangkit 2021. Mengawali sambutannya, Dekan mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang lolos mengikuti Program Bangkit 2021.

Dalam sambutannya Dekan juga menyampaikan bahwa Program Bangkit merupakan salah satu kegiatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan, skill, dan keterampilan sehingga dapat memunculkan kreativitas dan inovasi. Diharapkan dengan mengikuti program ini selama 18 minggu dapat memunculkan inovasi-inovasi baru dari peserta Program Bangkit dan diharapkan peserta dapat mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh melihat konversi ke sks yang sangat besar yaitu 20 SKS. Jika ada syarat-syarat atau hal-hal yang tidak sempurna maka konversi tidak akan sempurna, sehingga sangat dibutuhkan keseriusan karena ini kesempatan emas bisa terpilih menjadi peserta Indonesia Bangkit 2021. Pelepasan secara resmi dilakukan oleh Dekan dengan bacaan basmalah, dan ucapan Semoga Sukses.

Penutupan acara disampaikan oleh Wakil Dekan Akademik, Acep Taryana, S.Si., M.T, yang menyampaikan bahwa peserta harus siap secara mental dan Fakultas tetap mengiringi mahasiswa dan mendampingi dengan adanya Dosen Pembimbing Subjek dan Komisi MBKM, kemudian pada akhir acara dilakukan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian