Kegiatan Fakultas dan Jurusan Tahun 2021 yang masih dibayangi COVID-19

Tingginya kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Banyumas sebagaimana informasi yang disajikan pada laman http://covid19.banyumaskab.go.id/ yang menyatakan bahwa per tanggal 4 Februari 2021, 1.098 telah konfirmasi positif. Hal tersebut, membuat Kegiatan akademik yang akan berlangsung di Fakultas Teknik pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 ini akan dibayangi  Pandemi Covid19. 

Selain itu, hal tersebut membuat kegiatan yang dilakukan oleh Dekan, Para wakil Dekan, dan Para Ketua Jurusan di Lingkungan Fakultas Teknik tetap dilangsungkan secara daring. Meski belum ada kegiatan belajar-mengajar secara langsung, namun kegiatan Fakultas yang dilakukan oleh Dekan, Para wakil Dekan, dan Para Kajur Fakultas Teknik tetap berlangsung secara daring baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat Jurusan.

Salah satu kegiatan Fakultas dan Jurusan yang tetap berlangsung secara daring ini adalah menyelenggarakan kegiatan rapat awal tahun, yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr.Eng. Suroso, S.T., M.Eng.  Rapat Awal Tahun yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 13 Januari 2021, antara pengelola fakultas dan jurusan yang membahas antara lain : Presentasi Kegiatan Fakultas Mendukung Pencapaian IKU oleh Dekan, Pola dan Ruang Lingkup Kegiatan Wakil Dekan Akademik, Ketua Jurusan beserta kegiatan yang berhubungan dengan bidang umum, kemahasiswaan. 

Dekan FT Unsoed Prof. Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng. dalam presentasinya mengarahkan agar Kegiatan 2021 yang direncanakan dan akan dilaksanakan di fakultas maupun jurusan harus menuju pada satu tujuan, yaitu untuk mewujudkan pencapaian indikator kegiatan utama (IKU). Oleh karena itu fakultas, dan jurusan harus melakukan cascading kegiatan pencapaian IKU 2021. Adapun 8 IKU yang ditargetkan meliputi :

    1. Lulusan Mendapatkan Pekerjaan yang layak,
    2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus,
    3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus,
    4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus,
    5. Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat atau Mendapat Rekognisi Internasional,
    6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia,
    7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif,
    8. Program Studi Berstandar Internasional

.

Cara untuk mengukur masing-masing indikator tersebut dapat dilihat dalam Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yang diterbitkan oleh Kemendikbud.Download Dokumen Panduan IKU

Wakil Dekan Akademik, Acep Taryana, S.Si., M.T, dalam presentasinya memaparkan tentang pola kerja dan ruang lingkup pekerjaan bidang akademik yang didukung oleh bidang lainnya, meliputi perencanaan kegiatan dan anggaran, monitoring realisasi anggaran, mempersiapkan semester, evaluasi LKD, sistem penjaminan mutu, sistem informasi dan publikasi website.  

Secara umum, Dekan menyatakan bahwa kegiatan 2020 telah berjalan cukup baik, namun sebagai evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan 2021 agar kegiatan dapat dikerjakan merata, baik kegiatan maupun penyerapan anggarannya, tidak berat ke ujung tahun. Kegiatan Rapat awal tahun ini menjadi salah satu rapat istimewa karena bertepatan dengan penempatan gedung SBSN yang berfungsi untuk meningkatkan layanan pendidikan kepada mahasiswa. Dengan adanya gedung SBSN, fakultas telah menata dengan mengintegrasikan layanan existing di bidang pendidikan dan menambah layanan pembelajaran tentang penggunaan ruang smart class room, layanan ruang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), layanan pelatihan eldiru sebagai media daring yang utama

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian