Pelatihan dan Sosialisasi Penjaminan Mutu Fakultas Teknik Unsoed

Dalam rangka meningkatkan jaminan mutu Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (FT Unsoed), Pimpinan FT mengadakan kegiatan Pelatihan Jaminan Mutu untuk meningkatkan kualitas pelayanan edukasi oleh Fakultas Teknik Universitas Jendela Soedirman. Kegiatan Pelatihan ini sekaligus Sosialisasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan pada Hari Sabtu (03/06) setelah sebelumnya diadakan Workshop Audit Penjaminan Mutu FT. Kegitan yang dihadiri oleh segenap civitas Akademika FT yang terdiri dari Dekan, Para Wakil Dekan, Para Kasubag Akademik dan Kepegawaian, Para Dosen serta Para Pegawai Kependidikan ini dilaksanakan di PIKAS Banjarnegara.

Acara Sosialisasi ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Eng Suroso, M.Eng. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa dengan acara Pelatihan dan Sosialisasi Penjaminan Mutu ini diharapkan segenap civitas akademika dapat memahami komponen penjaminan mutu sehingga dapat meningkatkan pelayanan edukasi kepada semua pihak sehingga jaminan mutu dapat terus ditingkatkan.

Dalam Sosialisasi ini disampaikan materi tentang Visi Misi FT dan Penjaminan Mutu. Materi Visi Misi Fakultas Teknik yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Acep Taryana, S.T., M.T. menyampaikan bahwa Penjaminan mutu Fakultas Teknik sudah tercermin dalam logo Fakultas Teknik, yang seharusnya bisa menjadi pionir dalam menggaungkan penjaminan mutu di Fakultas Teknik dengan semboyannya GERILYA. Hal ini dapat dicapai dengan melaksanakan Visi Misi Fakultas Teknik yang secara tertulis sudah disosialisasikan dalam bentuk banner maupun tertera dalam dokumen akreditasi. Visi Misi ini harusnya sudah diketahui oleh segenap civitas Akademika dan sudah dilaksanakan sebagai salah satunya adalah cara pelayanan bagian Bapendik dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa. Jelas WD I.

Materi Selanjutnya yaitu tentang Tahapan Penjaminan Mutu yang disampaikan oleh Rani Aulia Imran, S.T., M.T. Tahapan Penjaminan Mutu ini terdiri dari 5 tahapan yaitu yang dikenal dengan PPEPP yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan Standar Mutu. Sebagai contoh dalam menjamin standar mutu maka di tingkat perguruan tinggi adalah kelayakan dan kinerja Dosen, sehingga dalam pelaksanaan pelayanan akademik Dosen dalam memberikan perkuliahan harus mempersiapkan RPS mata kuliah, kesiapan materi kuliah, Contoh soal- soal yang dijadikan bahan evaluasi Dosen seperti Soal Kuis, UTS dan UAS, adanya dokumen IKAD Dosen, dan lain sebagainya itu sebagai proses penjaminan mutu yang dilaksankan berdasarkan tahapan PPEPP. Urai Rani Aulia Imran.

Acara Pelatihan dan Sosialisasi Penjaminan Mutu dilanjutkan dengan pengisisan Kuesioner kepada semua peserta pelatihan. Acara berjalan lancer dan penuh semangat. Sebagai penutupan acara, semua peserta mengikuti kegiatan rafting di The Pikas Banjarnegara. (Nofi Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian