MoA Prodi Teknik Sipil FT Unsoed dengan Nihon University College of Engineering Jepang

Dalam rangka mewujudkan Visi FT Unsoed yaitu Internasionalisasi, khususnya Program Studi Teknik Sipil menyelenggarakan Memorandum Of Agreement (MoA) antara FT Unsoed  dengan Nihon University College of Engineering (NUCE) Jepang pada hari Rabu, 7 Juni 2017.  Acara ini dihadiri oleh segenap pimpinan, Para Ketua Jurusan, perwakilan dosen prodi Teknik Sipil FT Unsoed.  

Hadir mewakili Nihon University College of Engineering (NUCE) yaitu Profesor  Buntara Sthenly Gan, Ph.D., sedangkan  FT Unsoed oleh Dekan Nastain, S.T., M.T.  Rangkaian acara meliputi : 1). Pembukaan, 2). Sambutan Dekan FT Unsoed, 3). Pemaparan Profil FT Unsoed, 4). Pemaparan Ketua International Relation Office, 5). Diskusi dan Tanya Jawab 6). Tukar Menukar Plakat dilanjutkan Pemberian Cindera Mata 7). Penutup dilanjutkan Ramah Tamah dan Foto bersama. Sebagaimana lazimnya acara pembukaan dilakukan oleh Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan FT Unsoed yaitu Meike Kusmawanti, S.Si., Dalam sambutan Dekan Nastain, S.T., M.T. mengucapkan selamat datang dan rasa terima kasihnya karena telah hadir perwakilan dari Nihon University Profesor Buntara Sthenly Gan, Ph.D. di kampus FT Unsoed untuk melakukan penandatanganan MoA antara  Nihon University College of Engineering (NUCE) dengan FT Unsoed.  Kerjasama ini telah diawali dengan kerjasama riset yang dilakukan oleh Dr. Eng. Agus Maryoto, S.T., M.T., sehingga boleh dikatakan kerjasama ini adalah tindaklanjut kerjasama-kerjasama berikutnya, dan kami sangat mengapresiasi teman-teman dari prodi Teknik Sipil atas terselenggaranya kegiatan ini, paparnya.  Selanjutnya Dekan berharap kerjasama selanjutnya dapat menciptakan atmosfir yang baik bagi proses pembelajaran di lingkungan FT Unsoed terutama untuk melanjutkan studi bagi para dosen maupun kerjasama riset lainnya, dan akhirnya Dekan mengharapkan kerjasama ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.  Pada acara pemaparan profil FT Unsoed secara detail disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Gito Sugiyanto, S.T., M.T. beliau menjelaskan kepada tamunya sumber daya yang dimiliki, laboratorium riset yang ada serta sarana prasarana pendukung, kerjasama riset yang telah dilakukan serta Rencana Induk Penelitian (RIP) FT Unsoed.  Pada acara pemaparan profil Unsoed yang disampaikan Ketua IRO Ir. Suprayogi, M.Sc., Ph.D., beliau menyampaikan secara singkat tentang institusi yang telah memiliki 12 Fakultas yang tersebar pada empat lokasi yang berbeda serta kerjasama-kerjasama Internasional yang telah dilakukan Unsoed secara kelembagaan selama ini.  Sedangkan pada acara pemaparan Nihon University College of Engineering (NUCE) yang disampaikan  oleh Profesor  Buntara Sthenly Gan, Ph.D., beliau menjelaskan secara singkat riwayat berdirinya institusi hingga fakultas yang ada serta peluang kerjasama riset  yang ditawarkan, dan beliau menyampaikan paparannya dengan bahasa Indonesia secara lancar termasuk menceriterakan bahwa kemajuan Jepang tidak serta merta, tetapi melalui proses yang panjang terbukti institusinya saja telah berdiri sejak tahun 1947 imbuhnya.

Sebelum acara MoA ini sebenarnya  telah diselenggarakan Kuliah DosenTamu (Guest Lecture) oleh Profesor  Buntara Sthenly Gan, Ph.D. pada hari Selasa, 6 Juni 2017 kepada sekitar 150 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dari berbagai angkatan. Tentang Kemajuan Ketekniksipilan di Jepang (HR).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian