Gedung Baru Fakultas Teknik Unsoed

Kamis 10 Desember 2020, Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS meresmikan Gedung Baru milik Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal Soedirman. Gedung yang diberi nama Gedung Pendidikan tersebut pembangunannya dibiayai melalui skema SBSN tahun anggaran 2020. Dalam acara peresmian tersebut hadir pula Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Direktur Pendidikan Tinggi & Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, para Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga, dan undangan.

          

Laporan pertanggungjawaban pembangunan gedung disampaikan oleh Dekan FT Unsoed Prof.Dr.Eng Suroso ST.,M.Eng. Dalam laporannya disampaikan bahwa gedung pendidikan ini dibangun dengan pendanaan bersumber dari APBN SBSN tahun 2020. Gedung ini memiliki tiga lantai, dengan luas sekitar 3.800 meterpersegi, dengan waktu pelaksanaan 240 hari, dan masa penyelenggaraan 360 hari / 12 bulan. “Alhamdulillah gedung siap digunakan dan difungsikan, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia melalui  Kementerian BPN Bappenas, dan Kemendikbud serta Rektor dan segenap pimpinan Unsoed, tim pelaksana, dan semua pihak lainnya. Dengan gedung baru ini Insya Allah Fakultas Teknik Unsoed semakin siap untuk terus berkembang menjadi besar dan lebih maju dalam rangka mewujudkan visi Fakultas Teknik Unsoed dan Visi Unsoed”.

Sedangkan Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS dalam sambutannya menyampaikan Unsoed sebagai lembaga pendidikan tinggi selalu berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Hal ini telah menjadi komitmen pimpinan dan manajemen universitas, untuk memastikan bahwa kepuasan pemangku kepentingan adalah menjadi indikator dalam sebuah pengelolaan yang akuntabel. Dalam konteks ini, salah satu dimensi kepuasan diukur dengan sejauh mana institusi dapat memfasilitasi kegiatan tridharma perguruan tinggi yang secara fisik dapat terlihat oleh para klien kami, seperti mahasiswa, peneliti, mitra dunia usaha ataupun industri, serta masyarakat luas pada umumnya.  “Berangkat dari hal tersebut,  prasarana fisik berupa gedung pendidikan seperti di Fakultas Teknik Unsoed, menjadi sebuah variabel yang sangat penting, di samping tentunya mutu tridharma dan sikap mental aparatur dalam memberikan pelayanan itu sendiri”. Mengakhiri sambutannya Rektor berpesan berpesan untuk segera mengoptimalkan gedung ini untuk kegiatan tridharma, dan memastikan untuk selalu dirawat agar manfaat dari keberadaan gedung ini memberi dayaguna dan hasil guna dalam jangka waktu yang panjang.  

        

Selanjutnya Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Dr. Mohammad Sofwan Effendi M.Ed dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan terbangunnya gedung ini, ada harapan kita memaksimalkan pelaksanaan Tridharma sesuai dengan arah. Kebijakan saat ini adalah kearah misi diverensiasi. Beliau mencontohkan gedung baru ini akan didedikasikan untuk mencapai di bidang apa, apakah untuk riset, pendidikan, atau pengabdian atau ketiga-tiganya tetapi harus ada satu yang dikuatkan. Lebih lanjut disampaikan bahwa pendidikan tinggi harus berkolaborasi dengan industry, atau organisasi profesi sehingga lulusannya bisa diserap dengan kemampuan yang sama antara kebutuhan industry dengan penyiapan prodi-prodinya. “Setiap insan pendidikan khususnya di perguruan tinggi harus peka terhadap kebutuhan atau sinyal pasar”, ungkapnya.

Berharap FT Unsoed dapat menjadi pusat keunggulan inovasi dibidang teknik. “Sehingga dari sinilah lahir inovasi dan kreativitas produk dibidang teknik. Lahir lulusan yang mempunyai karakteristik sama dengan kebutuhan industry”, urai Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud . Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Rektor, didampingi oleh Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, dan Dekan Fakultas Teknik Unsoed. Pada sesi akhir kegiatan peresmian Gedung Pendidikan tersebut Rektor, Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Direktur Pendidikan Tinggi & Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, beserta jajaran pimpinan serta tamu undangan berkesempatan meninjau gedung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian