Dosen Informatika Adakan Webinar Tips dan Trik Paper Diterima di Jurnal Terakreditasi SINTA

Publikasi jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk Tridharma perguruan tinggi pada bidang penelitian. Dosen diwajibkan memiliki publikasi dalam bentuk artikel yang dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah sebagai luaran hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Hanya saja, tidak sedikit dosen yang memiliki kesulitan dalam menghasilkan publikasi ke Jurnal Ilmiah.

Melihat fenomena tersebut, dosen di Informatika melakukan sebuah webinar bertema “Tips dan Trik Paper Diterima di Jurnal Terakreditasi SINTA”. Webinar ini bersifat gratis dan terbuka untuk umum, bagi peserta yang ingin mendapatkan tips-tips untuk melakukan publikasi di dalam Jurnal Terakreditasi SINTA.

Webinar ini dilaksanakan pada hari senin, 12 April 2021 mulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00 via Zoom. Kegiatan dipandu oleh Aini Hanifa, S.T., M.T., dosen Informatika, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Sebagai pengisi di acara ini adalah 2 dosen di program studi Informatika, Fakultas Teknik UNSOED, yaitu Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs. dan Yogiek Indra Kurniawan, S.T., M.T.

Jumlah peserta yang terdaftar di acara ini sebanyak 420 peserta yang terdiri dari dosen, peneliti, bahkan guru di sekolah. Peserta yang hadir pun berasal dari berbagai institusi dari pulau Jawa, Sumatera bahkan ada yang dari Kalimantan.

Pada sesi pertama, Dr. Lasmedi Afuan menyampaikan mengenai tata cara submit jurnal ke Online Journal Systems (OJS), serta tips dan trik agar paper dapat diterima di jurnal terakreditasi SINTA. Sedangkan pada sesi kedua, pembicara kedua, yaitu Yogiek Indra Kurniawan, menyampaikan mengenai cara mencari jurnal terakreditasi SINTA yang gratis serta tips dan trik paper diterima di jurnal terakreditasi SINTA.

Kegiatan ini digagas sebagai bentuk kepedulian dosen di Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman agar setiap dosen di Indonesia dapat berkontribusi dan menghasilkan artikel ilmiah yang baik, sehingga apabila artikel tersebut dimuat di jurnal terakreditasi SINTA, harapannya tulisan-tulisan dari para dosen tersebut dapat dibaca dan disebarluaskan ke seluruh Indonesia.(Yogiek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian