Dosen FT dan FIB Unsoed Gelar Pengabdian Masyarakat Peningkatan Teknologi Pembelajaran dan Literasi Media di SLB B YAKUT Purwokerto

Dosen FT dan FIB Unsoed menggelar pengabdian masyarakat di SLB B YAKUT Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi untuk meningkatkan  teknologi pembelajaran dan literasi media baik kepada guru maupun siswa di SLB B YAKUT Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan Selasa, 19 Juli 2022 di SLB B Yakut Purwokerto.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yakni: Yogiek Indra Kurniawan, S.T., M.T dari program studi Informatika atas paparannya mengenai “Pengembangan Website dan Media Pembelajaran bagi siswa tuna rungu”. Uki Hares Yulianti, S.Pd., M.Pd. dari program studi Bahasa Indonesia mengenai “Peningkatan Literasi Media bagi Guru dan Siswa Tuna Rungu”. Serta Nadia Gitya Yulianita, S.Pd., M.Li. dari program studi Bahasa Inggris mengenai “Penerjemahan Berita Bahasa Inggris”.

Aksi nyata yang dilakukan oleh dosen FT dan dosen FIB Unsoed ini merupakan kontribusi kongkret dalam meningkatkan teknologi pembelajaran di era serba digital. Guru diajarkan bagaimana membuat media pembelajaran dan pengelolaan website. Siswa juga diajak menggunakan media pembelajaran yang sudah dibuat oleh tim pengabdian.

Aplikasi “Edugame” dibuat oleh tim pengabdian yang terdiri dari beberapa aplikasi permainan edukasi. Media ini dibuat dalam rangka sebagai media pembelajaran alternatif untuk siswa-siswa tuna rungu wicara, baik dari tingkat TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB. Aplikasi tersebut mulai diujicobakan kepada siswa dan semua siswa merasa tertarik dengan media pembelajaran tersebut karena selain belajar, siswa juga diajak bermain secara interaktif.

Kegiatan yang dilakukan selama satu hari ini mendapat apresiasi yang luar biasa baik dari guru maupun siswa SLB. Guru dan siswa mengharapkan kegiatan pengabdian ini masih bisa berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian