Kuliah Industri Prodi Informatika Hadirkan GetGood Dalam Membantu Mahasiswa Meraih Impian

Dalam rangka meningkatkan mutu mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja, Prodi Informatika Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menyelenggarakan Kuliah Industri dengan tema Beyond 4.0-Menyiapkan Insan Nusantara menghadapi The Next Industrial Revolution yang berlangsung di Auditorium Lt. 3 Fakultas Teknik Unsoed Purbalingga, Selasa (26/7). Kuliah Industri dihadiri oleh mahasiswa Informatika Angkatan 2017- 2021 dan Dosen Informatika.

Kuliah Industri ini menghadirkan narasumber yang merupakan Founder & CEO GetGood, Daniel Simbar, B. Sc., MBA dan Co-Founder & Advisor, Rizal Badudu, SE., Akt., M.Min. GetGood, merupakan platform career discovery dan pre-screened talent pertama di dunia resmi diluncurkan hari ini. GetGood merupakan besutan anak bangsa, didirikan oleh Daniel Simbar, Helena, dan Rizal Badudu yang memiliki pengalaman pendidikan, perbankan, dan IT, baik dari dalam dan luar negeri.

Acara kuliah industri diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua Jurusan Informatika, Teguh Cahyono, M.Kom. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan memberikan ucapan selamat Datang kepada pemateri Pak Rizal dan Pak Daniel “Tema yang luar biasa, dimana mempersiapkan generasi-generasi yang siap menghadapi revolusi industri 4.0,  dimana ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa supaya dapat mengikuti perubahan ke depan yang membutuhkan tindakan dan pemikiran yang cerdas. Hal ini perlu disiapkan dan diformulasikan supaya siap menghadapi tantangan dan disupport dengan adanya program-program MBKM dengan mengikuti aturan-aturan yang sudah disetting sedemikian rupa oleh informatika”.

Kuliah Industri dipandu oleh Moderator Dr. Lasmedi Afuan, M.Cs. Mengawali acara inti kuliah industri, salah satu Dosen Informatika Fakultas Teknik Unsoed, Dr. Nurul Hidayat, M.Kom mengatakan dengan adanya program Merdeka Belajar mahasiswa dan Universitas diberikan kebebasan untuk melakukan berbagai peningkatan kemampuan dan pengalaman di dunia kerja. Salah satunya dengan magang di perusahaan baik BUMN, Swasta dan lembaga lainya. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan/kompetensi mahasiswa dapat melakukan pelatihan di berbagai lembaga sertifikasi, sehingga saat mereka terjun ke dunia kerja sertifikasi ini sudah siap digunakan.  

Untuk mendukung hal tersebut Informatika Unsoed melakukan kerjasama, termasuk dengan lembaga penghubung antara kampus dengan perusahaan baik nasional maupun internasional seperti GetGood. Tegas Dr.Nurul Hidayat.

Kuliah Industri dilanjutkan dengan pemaparan dari kedua narasumber secara bergantian, yaitu Founder & CEO GetGood, Daniel Simbar B. Sc., MBA dan Rizal Badudu, SE., Akt., M.Min. Founder & CEO GetGood mengatakan “GetGood memberikan ketrampilan dan kualifikasi yang tepat, bagi pekerjaan yang dilamar melalui proses sertifikasi berbasis Big Data dan AI. Selain itu Platform GetGood menjembatani dunia pendidikan dan dunia kerja dengan memberikan user kemudahan untuk melamar pekerjaan langsung dari aplikasi. Memberikan sertifikasi yang dibutuhkan oleh para mahasiswa, memasuki dunia kerja. Supaya sertifikasi ini menjadi pendamping ijazah. Jadi lulusan Unosed nantinya tidak hanya mendapatkan gelar S1 tapi juga sertifikat,” kata Daniel. 

Sementara narasumber kedua memberikan pemaparan mengenai Menyiapkan Insan Nusantara menghadapi era 5.0. Rizal Badudu menyampaikan bahwa “Kualitas SDM yang memasuki dunia kerja dapat berkaca pada Produk Dunia Pendidikan, venomena gelombang cum laude di Indonesia, kenapa ini bisa terjadi? Karena, Perusahaan lebih utamakan menerima lulusan dengan nilai tinggi. Hal ini perlu dianalisis apakah ini sesuai dengan kebutuhan yaitu dapat bekerja di perusahaan? Jawabannya : tidak bisa bekerja”. Tegas Rizal Badudu.

Lebih lanjut narasumber menyampaikan bahwa dalam dunia kerja, bukan hanya nilai diatas kertas namun harus diimbangi dengan karakter yang baik yang siap memasuki dunia kerja. Karakter adalah kualitas-kualitas yang teguh dan khusus yg dibangun dalam kehidupan seseorang yang menentukan responnya tanpa dipengaruhi oleh kondisi apapun. Karakter ini meliputi saat proses interview dan saat bekerja. Karakter – karakter inilah yang nantinya bisa dilatih untuk siap memasuki dunia kerja. Jelas Rizal Badudu.

Kuliah Industri berlangsung antusias dibuktikan dengan beberapa mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber. Kuliah Industri diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama. (Nofi Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian