Teknik Sipil Gelar Reuni Akbar & Munas IATS ke-1

Reuni merupakan sebuah kegiatan dimana selain bernostalgia, beberapa manfaat yang dapat diambil adalah berbagi informasi dan pengalaman dari teman-teman alumni yang kemudian bisa ditindaklanjuti untuk menambah jaringan, kerjasama, membuka peluang usaha, dan sebagainya.

Jurusan Teknik Sipil Unsoed akhirnya menggelar acara Reuni Akbar setelah selama 9 tahun ikatan alumni Teknik Sipil diinisiasi. Acara Reuni akbar ini diselenggarakan bersamaan dengan Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumni Teknik Sipil (IATS) ke-1 dan Musyawarah Beasiswa IATS ke-1 pada hari Sabtu 25 Juni 2022. Acara tersebut berlangsung di Aula Gedung F Lantai 3 Fakultas Teknik Unsoed.

Acara Reuni Akbar dan Munas dihadiri oleh Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr., Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Eddy Maryanto, M.Cs., Ketua Jurusan Teknik Sipil Prof. Dr. Eng. Agus Maryoto, S.T., M.T. yang hadir secara daring dan diwakili secara luring oleh Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Dr. Ing. Suroso, S.T., M.Sc., Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed Drs. Astera Primanto Bhakti, M.Tax. yang hadir secara daring, Dosen Teknik Sipil dan Tenaga Kependidikan Fakultas Teknik, serta Alumni Teknik Sipil Unsoed baik secara daring maupun luring.

Pada Acara ini, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr. dalam sambutannya mengatakan bahwa Alumni Teknik, khususnya Teknik Sipil sangat diperlukan keahliannya dalam mendukung pembangunan nasional, oleh karena itu alumni Teknik Sipil Unsoed harus turut mengambil bagian dari potensi besar yang akan dikerjakan untuk pembangunan nasional kedepan ini.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed Drs. Astera Primanto Bhakti, M. Tax. yang hadir secara daring sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung keberlanjutan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IATS Unsoed dimasa yang akan datang. IATS yang merupakan satu-satunya ikatan alumni jurusan yang ada di Unsoed, diharapkan mampu mendorong peran serta alumni untuk memajukan almamater dengan berkontribusi secara langsung atau tidak langsung dalam pembangunan Negara maupun institusi Jurusan Teknik Sipil pada khususnya, Fakultas Teknik dan Universitas Jenderal Soedirman pada umumnya.

Selanjutnya Ketua IATS Periode 2013-2022 Baratadewa Sakti P., ST., CPMM., CPP., AWP yang juga Wakil Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kab. Pekalongan mengatakan bahwa sudah sepantasnya alumni, untuk makin semangat dengan perjuangan para senior pendahulu kita yang tak kenal lelah dan tak pernah usai untuk mengambil peran termasuk mempersiapkan regenerasi dalam rangka mengambil peran estafet dengan baik.

Baratadewa Sakti berharap dengan diselenggarakannya acara tersebut semoga setiap kegiatan kealumnian di masa mendatang senantiasa dikaruniai berkah yang berkelimpahan. Serta dapat memberikan kontribusi manfaat yang nyata dan semakin luas kepada alumni, kepada almamater, dan masyarakat. “Mari, kita serentak bergerak, terus berkarya, alumni berdaya, negeri berjaya,” tandasnya.

Dalam kegiatan Munas ke-1 Terpilih Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsoed yang juga Manajer Konstruksi PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk yaitu Arga Bima, ST., MBA  memaparkan bahwa 80 Alumni Teknik Sipil Unsoed yang hadir baik secara offline ataupun online pada Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumni Teknik Sipil (IATS) ke-1 yang berlangsung di Aula Dekanat Fakultas Teknik Unsoed pada hari Sabtu 25 Juni 2022 mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB menghasilkan Ketua Umum baru periode 2022 – 2026.

“Sebelumnya kami mengapresiasi kinerja Mas Barata sebagai ketua IATS pertama yang telah membangun pondasi yang kokoh bagi organisasi IATS. Kepedulian Mas Barata sebagai alumni yang terus berkontribusi bagi Almamater patut kita jadikan contoh,” kata alumni S1 Teknik Sipil FT Unsoed angkatan 2006 Arga Bima, ST., MBA.

Dia mengatakan bahwa Program kerja Ikatan Alumni Teknik Sipil Unsoed periode 2022-2026 akan difokuskan pada updating data dan registrasi alumni, pendanaan beasiswa alumni, seminar, dan pelatihan teknik sipil, serta informasi lowongan kerja atau magang bagi mahasiswa.

Arga Bima, ST., MBA. (Anggota Ahli Muda Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar/KNI-BB) menambahkan bahwa seiring berkembangnya teknologi informasi maka IATS juga akan membuat jejaring (website) untuk memudahkan akses pada berbagai macam informasi kegiatan alumni.

“Kami sangat terbuka bagi alumni Teknik Sipil Unsoed yang ingin berkiprah di dalam kepengurusan. Dengan jumlah keanggotaan lebih dari 700 alumni Teknik Sipil Unsoed yang tersebar di berbagai lini industri konstruksi, kami berharap dapat bersinergi sehingga IATS Unsoed dapat memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa serta berkontribusi dalam membangun Indonesia 2045 yang lebih baik, khususnya di bidang Teknik Sipil,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian