Teknik Sipil Adakan Kegiatan Pelatihan OBE Dan Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional IABEE

Pada Hari Jumat hingga Sabtu tanggal 1 – 2 Oktober 2021 Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsoed telah mengadakan Pelatihan OBE (Outcome Based Education) dan Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua LPPM, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, dan Bapak Ibu Dosen Teknik Sipil yang diselenggarakan di ruang meeting Arjuna Hotel Java Heritage Purwokerto .

Acara yang berlangsung selama 2 hari itu diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan Fakultas Teknik dan Ketua Jurusan Teknik Sipil, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari beberapa narasumber dan diskusi bersama dengan para peserta pelatihan pada setiap sesinya.

Dalam pelatihan ini dipaparkan beberapa materi diantaranya tentang pengantar OBE dan IABEE, Sistem akreditasi berbasis OBE, Pembahasan kriteria dan CPL, serta Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional IABEE Prodi Teknik Sipil. Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Teknik Indonesia atau The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) menyusun kriteria ini dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran. Semua program studi pendidikan teknik yang akan mendapatkan akreditasi internasional dari IABEE harus memenuhi beberapa kriteria.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menyamakan persepsi dan mendapatkan arahan serta pemahaman terkait akreditasi internasional serta mampu mendorong prodi lainnya untuk menuju internasionalisasi. Dengan mengikuti akreditasi IABEE diharapkan daya saing lulusan menjadi lebih baik secara nasional maupun internasional. Selain itu, dapat memberikan manfaat untuk pertukaran mahasiswa antar negara dan membantu lulusan agar diterima bekerja di luar negeri. Untuk mencapai hal tersebut, Prodi Teknik Sipil harus lebih awal menyiapkan semua persyaratan di prodi sehingga dapat melaui semua langkah dengan tepat dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian