Teknik Industri Unsoed Adakan Kuliah Umum Penerapan K3 Pada Industri Semen di Indonesia

Program Studi Teknik Industri Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto mengadakan kuliah umum secara secara daring melalui zoom virtual meeting (11/06).  Kuliah umum dengan tema “Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Industri Semen di Indonesia” ini merupakan kegiatan rutin tiap semester yang ada pada Program Studi Teknik Industri Unsoed.

Kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa mahasiswi Prodi Teknik Industri ini membahas tentang Penerapan K3 dan Lingkungan. Hadir sebagai Narasumber dalam kuliah umum ini adalah Widy Wibisono, S.T, yang merupakan Head of Safety Departement di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Dalam acara kuliah umum ini, narasumber memaparkan mengenai Penerapan K3 dan lingkungan, diantaranya dibahas secara lebih detail meliputi SHE Management System, SHE Commitment & Leadership. Ditekankan juga mengenai Safe Mindset. Selain itu dibahas juga mengenai peran ergonomi dalam praktik pelaksanaan K3. Lebih lanjut Narasumber menjelaskan bahwa hal simple paling mudah yang bisa kita pikirkan adalah What If? atau menggunakan 5 Why, kita berpikir praktek pekerjaan kita nanti harus aman. Proses berfikir aman ini akan menjadi mindset kita. Why Safety? Kenapa harus keamanan? Karena Menjadi Isu Global, Konsumen semakin kritis, Kesadaran meningkat, Persyaratan bisnis antar negara, Meningkatkan daya saing, Hak setiap warga negara dan Kecelakaan menimbulkan kerugian dan dampak sosial. Jelas Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian