SSC UNSOED Adakan Pembekalan Wisuda Periode September 2021

Soedirman Career Center (SCC) Universitas Jenderal Soedirman mengadakan pembekalan wisuda Periode September 2021 dengan mengangkat tema : “SMART Strategy for Your Future Career & Life”, Jumat (10/9) secara virtual. Acara diikuti oleh 235 calon wisudawan dari 12 fakultas di UNSOED.

Pembekalan menghadirkan 3 narasumber  yaituI Putu Edy Suardiyana Putra, Ph.D (Direktur PT. Bangun Inovasi Teknologi dan Founder Komunitas Periset Teknologi dan Sains). I Putu menyampaikan paparan dengan topik “Sukses Berbisnis di Industri Digital dengan Memaksimalkan Pemanfaatan AI dan IoT”. Pembicara kedua yaitu Baratadewa Sakti Perdana, ST, CPMM, AWP (Direktur Perencanaan & Pengembangan Usaha PT. BUMR Pangan Terhubung, Founder & CEO Shafa Consulting). Baratadewa menyampaikan paparan tentang “Kunci Sukses Membangun Karir & Bisnis di Usia Muda”. Sementara itu pembicara ketiga yaitu Dr. Dwita Darmawati, SE., M.Si., (Dosen dan Kepala Laboratorium Pengembangan Karir dan Pusat Alumni FEB UNSOED yang sekaligus sebagai Trainer & Career Coach)  menjelaskan topik tentang “Tips Sukses Merintis Karir dengan Personal Branding”.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni / WR III Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., M.Hum. menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa yang akan diwisuda telah berhasil menyiapkan bekal hardskills dan softskills selama menempuh studi di bangku kuliah dengan sangat baik untuk kehidupan masa depan dan kiprah di masyarakat sebagai laboratorium praktik yang sesungguhnya. WR III berharap agar seluruh calon wisudawan tidak pernah lelah untuk beradaptasi, menggali potensi dan memperbanyak pengalaman agar menjadi SDM yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi di bidang pekerjaan yang dipilihnya. Berpesan agar lulusan tetap bisa menjaga nama baik almamater dan mempertahankan komunikasi yang baik dengan institusi. “Di tahap awal, salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengisi form tracer studi yang nanti nya secara periodik akan diberikan oleh UNSOED”, ungkap WR III.

Ketua Soedirman Career Center (SCC) Unsoed Dr. Santi Dwi Astuti, STP., M.Si., menyampaikan bahwa melalui acara ini, calon wisudawan yang merupakan Generasi Milenial di Era Disrupsi Digital diberikan bekal dan didorong untuk mampu merintis, membangun dan mengakselerasi kesuksesan dalam berkarir bagi masa depan yang luar biasa dengan menetapkan “SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, Time Bound) Goals”. Selain itu, acara ini juga ditujukan untuk mengingatkan para calon wisudawan agar setelah lulus, tetap menjalin komunikasi yang baik dengan almamater dan mengharapkan kontribusi alumni dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Dalam jangka pendek yaitu kontribusi pada kegiatan tracer studi yang secara periodic dan rutin dilaksanakan. “Untuk jangka menengah dan panjang, diharapkan, alumni dapat membantu untuk membesarkan dan mengibarkan bendera almamater serta mendukung untuk mensukseskan adek-adek mahasiswa di dunia kerja serta karir yang dipilihnya”, ungkapnya. Bagi calon wisudawan yang belum sempat mengikuti kegiatan hari ini, dapat menyimak kembali dengan mengakses channel youtube SCC “Unsoed Career Center”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian