Wisuda UNSOED ke-142

Universitas Jenderal Soedirman / Unsoed menyelenggarakan wisuda Periode  142 (September 2021) secara luring, dan daring melalui platform Zoom. Total wisudawan pada periode ini yaitu 1.835, yang terdiri dari 5 orang doktor, 135 orang magister, 92 orang dengan sebutan profesional, 1.247 orang sarjana, dan 356  ahli madya. Tidak hanya itu, 741 orang diantaranya juga dinyatakan lulus dengan pujian atau cumlaude. 

Wisuda berlangsung selama 2 (dua) hari. Pada Senin (13/9) diawali wisudawan dari Program Pascasarjana, Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan Fakultas Peternakan. Sedangkan pada Selasa (14/9) wisudawan dari Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS dalam sambutannya menyampaikan Pandemi telah merubah cara kita dalam bersikap, berfikir dan juga mengambil keputusan ataupun tindakan.  Pandemi juga telah membuat  kita harus menyesuaikan diri dalam berbagai segi-segi kehidupan, sebagai bentuk survival sekaligus memenangkan tantangan yang begitu luar biasa. “Realitas yang kita hadapi tersebut tentunya tidak mudah dihadapi. Namun, bukan berarti kita menjadi lari dari kenyataan.   Permasalahan yang ada sesungguhnya dapat dibaca sebagai sebuah pesan, apakah kita mampu memecahkannya?”, demikian ungkap Rektor.

Dalam momentum yang penuh rasa kebahagiaan ini, Rektor mengajak seluruh wisudawan untuk merebut inisiatif dalam memenangkan masa depan.  Saya mendorong seluruh wisudawan untuk proaktif dan responsive dalam membaca peluang dan kesempatan yang terbentang. “Jadilah pribadi yang adaptif, Jadilah pribadi yang kolaboratif,  dan Jadilah pribadi yang kreatif”, pesan Rektor.

Ayunina Zenti, wakil wisudawan pada wisuda hari pertama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan, dosen, serta sivitas akademik Unsoed, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar, menempa diri, menjadi pribadi yang lebih baik, dan berwawasan. Tidak lupa atas nama wisudawan , juga mengucapkan permohonan maaf yang setulus-tulusnya apabila dalam berinteraksi terdapat keselahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. “Hari ini telah bertambah amanah besar yang diberikan kepada kita. Tanggungjawab sebagai mahasiswa mungkin akan usai, namun tanggungjawab atas ilmu dan gelar yang kita miliki akan terus ada selama kita hidup”, ungkapnya.

Beverly Kandioh yang juga mewakili wisudawan pada wisuda hari ke dua, mengatakan bahwa hari ini adalah awal perjalanan untuk merajut mimpi-mimpi yang lebih besar dan menjadi orang yang  bermanfaat bagi sesamanya. “Sebagai lulusan Universitas Jenderal Soedirman, sudah menjadi kewajiban kita untk menerapkan ilmu yang sudah kita dapat di bangku perkuliahan untuk membangunbangsa dan menjadi agen perubahan”, ungkapnya. Hingga  Periode Wisuda September 2021, UNSOED telah meluluskan 104.949 alumni, yang Insya Allah  produktif dan kontributif  dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian