Siap Terapkan Kurikulum Baru, Informatika Unsoed Adakan Sosialisasi Kurikulum dan Paket MBKM

Hari Rabu, 28 Juli 2021 pukul 08.00 – 11.00 WIB, Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed menyelenggarakan sosialisasi kurikulum baru Informatika dan sekaligus Paket MBKM secara daring melalui platform zoom yang dihadiri oleh lebih dari 150 mahasiswa. Sosialisasi ini bertujuan menjelaskan Kurikulum 2021 untuk mahasiswa Informatika dan meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait Kurikulum Informatika dan Paket MBKM yang akan dilaksanakan semester gasal mendatang.

Acara Sosialisasi diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Nur Chasanah, S.Kom., M.Kom, dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Jurusan Informatika Teguh Cahyono, ST., M.Kom, kemudian pemaparan Kurikulum Informatika oleh Dr. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom (Ketua Kurikulum Informatika), pemaparan Paket MBKM Informatika yang disampaikan oleh Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs (Tim MBKM Prodi Informatika) dan demo aplikasi untuk membantu konversi Kurikulum dan Penyetaraan Mata Kuliah serta Paket MBKM oleh Bangun Wijayanto, S.T., M.Cs (Tim MBKM Prodi Informatika).

Dalam Sambutannya Ketua Jurusan Informatika, Teguh Cahyono, ST., M.Kom menyampaikan bahwa Jurusan sudah mencoba meramu kurikulum sebaik mungkin supaya tidak menyulitkan / merugikan mahasiswa. Walaupun dengan penerapan kurikulum baru ini ada dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif seperti perubahan sks dan pergeseran mata kuliah, namun akan dilakukan penyetaraan.

Lebih lanjut Ketua Jurusan Informatika dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh mahasiswa Informatika dalam pemilihan paket MBKM perlu diperhatikan paket mana yang akan diambil dan segera melakukan bimbingan baik dengan Pembimbing Akademik maupun dengan Ketua Jurusan Informatika.

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan mengenai kurikulum baru informatika yang diberi nama kurikulum 2021 dengan 85 mata kuliah yang terdiri dari 58 mata kuliah wajib, 24 mata kuliah pilihan dan 3 mata kuliah yang merupakan mata kuliah penyangga. Untuk membantu mahasiswa dalam melakukan konversi dan penyetaraan mata kuliah, mahasiswa dibekali aturan konversi serta diberikan panduan cara konversi dan penyetaraan mata kuliah. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan aplikasi sementara yang dapat digunakan sebelum SIA siap digunakan melalui aplikasi dev.if.unsoed.ac.id.

Selanjutnya Tim Komisi MBKM Prodi Informatika, Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs menyampaikan bahwa penerapan MBKM Informatika terdiri atas 7 kegiatan yaitu Pertukaran Pelajar, Kuliah di luar Prodi pada Perguruan Tinggi yang sama, Magang/Praktik Kerja, Studi/Project Independen, Kewirausahaan dan Penelitian/Riset. Semua kegiatan tersebut dapat diambil mahasiswa dengan aturan dan syarat yang telah ditetapkan oleh Komisi MBKM Prodi Informatika melalui SOP Program MBKM. Diakhir acara sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang belum dipahami serta permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa terkait penerapan kurikulm baru dan program MBKM serta dilanjutkan dengan penutupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian