Teknik Sipil Menambah Daftar Doktor Fakultas Teknik UNSOED

Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil menambah lagi dosen berkualifikasi Doktor Teknik Sipil. Dosen tersebut adalah Gandjar Pamudji ST., MT. yang merupakan dosen Teknik Sipil Bidang Peminatan Keilmuwan Bahan dan Sturktur Beton Bertulang, berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Indonesia.

Dr. Gandjar Pamudji ST., MT. berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul “Pengembangan Agregat Kasar Berbasis Limbah Polipropilena Terhadap Sifat Fisik-Mekanik Dan Model Kekuatan Lekat-Slip Tulangan Baja Polos Pada Beton Ringan Tidak Terkekang”. Tim penguji terdiri Dr. Ir. Hendri Dwi Saptioratri Budiono, M.Eng (Ketua Sidang), Dr. Ir. Heru Purnomo,DEA (Promotor), Dr. Mochamad Chalid, M.Sc.Eng. (Kopromotor), Ir. R. Jachrizal Sumabrata, MSc., Ph.D. (Penguji), Prof. Tavio, S.T.,M.T.,Ph.D.( Penguji), Ir. Essy Arijoeni Basoenondo, M.Sc., Ph.D. (penguji), Dr. Ir. Elly Tjahjono, DEA.(Penguji), dan Dr. Ir. Chatarina Niken Dwi Wahyuni S.B.U, M.T.  (penguji).

Dari hasil eksperimen yang telah dilakukannya dapat diambil kesimpulan bahwa dengan metode pemanasan dan pencetakan dengan injeksi, bahan limbah PP dapat dibuat menjadi agregat kasar memiliki berat isi sekitar 410 kg/m3 dan ukuran 10 mm, 15 mm, 18 mm, 22 mm dan 25 mm. Bila digunakan dalam campuran beton, bobot beton dari agregat plastik PP yang diperoleh berkisar antara 1480 kg/m3 – 1528 kg/m3 yang lebih ringan sekitar 26,7% – 30,2% dari beton normal pada umumnya (2130 kg/m3) dengan kekuatan tekan dengan rentang antara 11,11 MPa – 14,25 MPa. “Dengan demikian beton yang dibuat dari agregat plastik PP polos termasuk dalam beton ringan dengan kekuatan sedang”, ungkapnya.

Lebih lanjut Dr. Gandjar Pamudji ST., MT. menguraikan bahwa dengan metode pemanasan, pencetakan dengan injeksi dan pelapisan dengan pasir, bahan limbah PP dapat  dihasilkan agregat kasar berbentuk butiran bulat dan tekstur permukaan halus. “Beton yang dihasilkan bila menggunakan agregat kasar ini memiliki berat berkisar antara 1741 kg/m3 – 1832 kg/m3 dan nilai kekuatan tekan berkisar antara 18,26 MPa – 27,77 MPa. Sehingga menurut SNI 2461 2002 beton yang menggunakan agregat plastik PP berbungkus pasir termasuk dalam kelompok beton ringan berkekuatan structural”, urainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian