Program MBKM Studi/Proyek Independen Fakultas Teknik UNSOED

Banyak mahasiswa yang memiliki passion untuk mewujudkan karya besar yang dilombakan di tingkat internasional atau karya dari ide yang inovatif. Idealnya, studi/proyek independen dijalankan untuk menjadi pelengkap dari kurikulum yang sudah diambil oleh mahasiswa. Perguruan tinggi atau fakultas juga dapat menjadikan studi independen untuk melengkapi topik yang tidak termasuk dalam jadwal perkuliahan, tetapi masih tersedia dalam silabus program studi atau fakultas. Kegiatan proyek independent dapat dilakukan dalam bentuk kerja kelompok lintas disiplin keilmuan.

Studi/proyek independen dapat menjadi pelengkap atau pengganti mata kuliah yang harus diambil. Ekuivalensi kegiatan studi independen ke dalam mata kuliah dihitung berdasarkan kontribusi dan peran mahasiswa yang dibuktikan dalam aktivitas di bawah koordinasi dosen pembimbing.  

Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman membuka kesempatan kepada para mahasiswa di Fakultas Teknik untuk mengikuti Studi/Proyek Independen yang diadakan oleh Fakultas Teknik. Setiap tim mahasiswa yang lolos evaluasi akan mendapatkan pendanaan sebesar Rp. 10.000.000,- /kelompok. Selain itu, kegiatan Studi/Proyek Independen ini akan disetarakan dengan 20 SKS perkuliahan, Termasuk Kerja Praktek dan Tugas Akhir (Sesuai dengan penyetaraan yang disetujui oleh Komisi MBKM Setiap Program Studi)

Ada beberapa topik prioritas yang ditawarkan untuk para mahasiswa dalam mengambil studi/proyek Independen di Fakultas Teknik, antara lain (Tidak terbatas pada topik dibawah ini) :

  1. Pengembangan Smart Campus Fakultas Teknik Unsoed : Pembuatan Digital Signature Fakultas Teknik Unsoed, Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur TIK pendukung pembelajaran, Pengembangan SIA Fakultas untuk mendukung SIKAP/TA/Pendadaran/penjadwalan/pengurusan dan pelaporan berbagai urusan akademik.
  2. Perencanaan Landscaping/ Tata Ruang Fakultas Teknik Unsoed
  3. Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Fakultas : Manajemen Resiko, Bisnis Proses, Pengembangan Aplikasi Jaminan Mutu
  4. Pengembangan K3 (Kesehatan, Keselamatan Kerja)

Panduan pembuatan proposal Studi/Proyek Independen dapat diunduh melalui link berikut : Panduan Studi / Proyek Independen FT UNSOED.

Bagi mahasiswa Fakultas Teknik yang berminat mengikuti program MBKM Studi/Proyek Independen ini, akan diadakan sosialisasi program ini pada hari Selasa, 13 Juli 2021, pukul 15.30 via Zoom dengan link berikut : https://s.id/ZoomSPIFT atau bisa menggunakan Meeting ID dan Passcode berikut :

Meeting ID: 969 9475 4003
Passcode: SPIFT2021

Untuk mengikuti program studi/proyek Independen dari Fakultas Teknik, mahasiswa dipersilakan untuk mengirimkan data dan proposal melalui link berikut : https://s.id/StudiProyekIndependenFT

Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti, Batas pengumpulan dan Submit proposal adalah tanggal 19 Juli 2021.

Narahubung : 08995493997 (Dani)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian