Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Teknik TA 2022/2023

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023 Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman berlangsung pada 12-13 Agustus 2022. Event ini merupakan wahana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan Mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dengan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

PKKMB juga menjadi ajang implementasi mengenai Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 dimana mahasiswa diharapkan akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global. Pelaksanaan kegiatan ini mengikuti Panduan PKKMB 2022 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi.

PKKMB Fakultas Teknik (FT) Unsoed yang mengusung tema dalam event ini adalah “Fakultas Teknik Berakhlak dan Berprestasi dengan Mengedepankan Pola Berpikir yang Logis, Kritis dan Objektif”. PKKMB dilaksanakan secara luring, yang bertempat di lingkungan Fakultas Teknik Unsoed. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Eng Suroso, S.T., M.Eng. dan sekaligus ucapan selamat datang dan selamat bergabung di Fakultas Teknik Unsoed. Acara PKKMB tahun ini merupakan PKKMB yang istimewa karena setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, pada tahun ini bisa dilaksanakan secara luring. Lanjut Dekan.

Dalam laporannya, ketua panitia Drs. Eddy Maryanto, M.Cs., menyampaikan bahwa peserta PKKMB tahun akademik 2022/2023 diikuti oleh 467 mahasiswa baru FT yang berasal dari maba 5 prodi di Fakultas Teknik yaitu 93 maba Teknik Sipil, 99 maba Teknik Elektro, 91 maba Teknik Geologi, 101 maba Informatika dan 83 maba Teknik Industri. PKKMB FT tahun akademik 2022/2023 diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik termasuk didalamnya materi dari Dekanat FT, Pengenalan Jurusan dan Pengisian KRS oleh para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan seluruh dosen; materi tentang Pusat informasi ilmiah; materi menggali ide Program Kreativitas Mahasiswa; serta materi bimbingan konseling tentang perencanaan studi dan pencegahan kekerasan seksual oleh tim Bimbingan dan Konseling FT Unsoed. (Nofi Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian