Mahasiswa Informatika Mengikuti Ajang Gemastik 2021

Berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri 4.0, maka dilaksanakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi (GEMASTIK) sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi, literasi data, dan literasi manusia. Kompetisi ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era revolusi industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada. Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring, pada tahun 2021 Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus menyesuaikan dengan kondisi pandemic COVID 19 sehingga akan dilaksanakan secara daring dari awal sampai selesai dengan tema “TIK untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik”. GEMASTIK tahun 2021 merupakan GEMASTIK ke XIV dengan menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Infomasi dan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya. Lomba ini digelar mulai bulan Juni 2021 dan dijawalkan selesai awal Oktober 2021.

Sebanyak 17 mahasiswa Jurusan Informatika Fakultas Teknik UNSOED yang terdiri dari angkatan 2018, 2019 dan 2020 mengikuti pagelaran ini dengan mengikuti 4 cabang/divisi lomba. 17 Mahasiswa tersebut terbagi menjadi 6 kelompok dengan mengambil cabang/divisi lomba yaitu 2 kelompok bidang Programming, 2 kelompok bidang UX Design, 1 kelompok bidang ICT Scientific Design, dan 1  kelompok bidang Game Delopment.

Masing-masing kelompok dibimbing oleh Dosen Pendamping diantaranya bidang Programming dibimbing oleh Dr. Lasmedi Afuan, ST., M.Cs dan Bangun Wijayanto, ST., M.Cs., bidang UX Design dibimbing oleh Dadang Iskandar, ST., M.Eng dan Aini Hanifa,ST., MT., bidang ICT Scientific Design dibimbing oleh Arief Kelik Nugroho,S .Kom, M.Cs.,  dan bidang Game Delopment dibimbing oleh Yogiek Indara Kurniawan, ST., MT.

Selama pagelaran berlangsung mahasiswa akan dibimbing dan diarahkan oleh masing-masing pembimbing. Salah satu Dosen Pembimbing pagelaran ini yang diwakili oleh Dr. Lasmedi Afuan, ST., M.Cs menyampaikan pesan kepada mahasiswa supaya ” Maju Terus Pantang Mundur, Pantang Pulang Sebelum Menang”. Lebih lanjut Dr. Lasmedi Afuan, ST., M.Cs  menyampaikan harapan “Semoga semua peserta GEMNASTIK 2021 UNSOED diberikan kemudahan dan kelancaran dalam setiap tahapan yang dilalui, dan mampu membanggakan khusunya prodi Informatika dan umumnya Universitas Jenderal Soedirman”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian