Jurnal Teknik Informatika UNSOED Mempublikasikan Issue Volume 2 Nomor 2, Tahun 2021

Publikasi ke dalam jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk Tridharma perguruan tinggi pada bidang penelitian. Dosen diwajibkan memiliki publikasi dalam bentuk artikel yang dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah.

Dalam rangka mendorong dosen untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya, salah satu program studi di Fakultas Teknik, yaitu program studi Informatika membuat sebuah jurnal yang diberi nama Jurnal Teknik Informatika (JUTIF) yang dapat diakses via http://jutif.if.unsoed.ac.id.

JUTIF yang dikelola oleh program studi Informatika ini berdiri pada tanggal 6 Juni 2020. Saat ini, JUTIF telah terindeks oleh beberapa lembaga pengindeks seperti : Dimension, Google Scholar, Portal Garuda, Worldcat, BASE, OneSearch, Scilit, Crossref, International Scientific Indexing, Index Copernicus, dan beberapa lembaga pengindek lainnya.

Pada tanggal 28 Maret 2021, JUTIF telah mem-publish issue untuk edisi volume 2 nomor 2, terbitan Desember 2021. Issue tersebut dapat diakses melalui link http://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/issue/view/6.

Chief Editor JUTIF, Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs., yang juga Merupakan salah satu dosen di program studi Informatika menyatakan, bahwa issue volume 2 nomor 2 ini seharusnya diterbitkan masih di bulan Desember 2021 mendatang. Hanya saja, karena JUTIF ingin mengajukan proses akreditasi jurnal agar dapat terakreditasi SINTA, maka proses publikasi pada edisi kali ini dipercepat. Hal ini dikarenakan untuk dapat mengajukan akreditasi SINTA, sebuah jurnal harus telah mempublikasikan 2 volume (2 tahun) secara berturut-turut. Sedangkan untuk JUTIF, volume 1 nomor 1 dan 2 telah dipublikasikan pada tahun 2020 kemarin, kemudian volume 2 nomor 1 dipublikasikan pada bulan Januari 2021.

Pada terbitan ini JUTIF mendapatkan kiriman artikel yang cukup banyak, hanya saja setelah melalui proses peer-review, terpilih 8 buah artikel paper dari 7 afiliasi, yaitu dari Universitas Jenderal Soedirman(Indonesia), King Abdul Aziz University (Saudi Arabia), University of Szeged (Hungary), Universitas Mercu Buana Yogyakarta(Indonesia), Universitas Mumhammadiyah Surakarta(Indonesia), Institut Teknologi Sumatera(Indonesia) dan Telkom University(Indonesia).

Berikut ini merupakan list paper yang dipublikasikan oleh JUTIF pada edisi volume 2 nomor 2, Desember 2021, antara lain :

  1. Prediction For Cooperative Credit Eligibility Using Data Mining Classification With C4.5 Algorithm
  2. The Calculation System Of Number Of People In A Room Based On Human Detection Using Haar-Cascade Classifier
  3. Implementation Telegram Chat Bot On Student Orientation Period Registration System For Efficiency Of Data Management
  4. Individual Identification System Design Through Voice Using Linear Predictive Coding Method And K-Nearest Neighbor
  5. Sentiment Analysis Of The Community In The Twitter To The 2020 Election In Pandemic Covid-19 By Method Naive Bayes Classifier
  6. Webinar Student Presence System Based On Regional Convolutional Neural Network Using Face Recognition
  7. Indoor Localization Using Accelerometer And Gyroscope Smartphone Based
  8. Analysis Of User Mobility Performance On Software Defined Wireless Network Using Dijkstra Algorithm

Dr. Lasmedi Afuan berharap, dengan dipublikasikannya JUTIF volume 2 nomor 2 tahun 2021 ini dapat mendorong dosen-dosen agar lebih semangat dalam publikasi artikel ke jurnal ilmiah karena program studi Informatika, Fakultas Teknik, telah memberikan wadah kepada dosen-dosen di Indonesia untuk menyebarluaskan hasil penelitian mereka.
(Yogiek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian