Fakultas Teknik Sukses Gelar Seminar Internasional ICETIR 2021

Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman Kembali menyelenggarakan seminar internasional ICETIR (International Conference on Engineering, Technology and Innovative Researches) 2021, yang berlangsung secara online melalui aplikasi zoom, Rabu (01/9). Ajang yang mempertemukan para peneliti di bidang teknologi dari berbagai belahan dunia ini merupakan penyelenggaraan yang ke tiga kalinya, mengangkat tema “Sustainable Engeneering and Technology for Reshaping Our Community”. Tercatat ada 134 artikel ilmiah dalam seminar internasional ini.

Ketua pelaksana ICETIR 2021  Yanto, S.T., M.S.E., Ph.D mengatakan bahwa kegiatan seminar Internasional ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Unsoed bekerjasama dengan beberapa Fakultas Teknik sebagai penyelenggara pendamping yaitu UGM, Universitas Indonesia, ITS, UNS, Universitas Mataram, Universitas Pertahanan RI, Universitas Mulawarman, ITT Purwokerto, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Palangkaraya, Universitas Jember, Universitas Hasanudin, College of Engineering Technology Can Tho University Vietnam, National Center for Research on Earthquake Engineering Taiwan, and Faculty of Electrical and Electronic Engineering UTHM Malaysia. “Kegiatan seminar internasional ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi dosen pada jurnal atau prosiding terindeks bereputasi.  Selain itu dapat meningkatkan kapasitas dan pengalaman dosen dalam forum pertemuan ilmiah tingkat internasional, dan juga membuat jaringan”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Yanto, S.T., M.S.E., Ph.D yang juga menjadi salah satu pembicara, menyampaikan materi terkait dengan upaya mengantisipasi banjir, yang bertujuan untuk menghambat / menahan air. Praktek yang sering terjadi ketika mendesain bangunan itu ada yang namanya desain banjir yang biasanya menggunakan data-data ditempat itu sendiri. Sementara itu beberapa tahun terakhir kita mengalami curah hujan yang tinggi, semakin sering terjadi. “Sehingga desain banjir juga seharusnya mempertimbangkan faktor iklim global ini”, jelasnya.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik / WR I, Prof. Dr. Ir Akhmad Sodiq M.Sc., Agr. Dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya seminar internasional ini. “Unsoed sangat intens mendukung komunitas ilmiah untuk memberikan solusi dalam membentuk kembali komunitas kita, termasuk dalam hal ini aspek teknologi menuju masyarakat cerdas 5.0,” jelasnya. WR I berharap melalui seminar internasional ini dapat menghasilkan output yang bermanfaat, khususnya di bidang teknik, untuk berkontribusi pada kesejahteraan manusia melalui penelitian inovatif bersama.

Seminar menghadirkan nara sumber Prof. Balaji Rajagopalan (University of Colorado, USA), Prof. Silvio Ranise (Fondazione Bruno K, Italia), Prof. David P Watling (University of Leeds, UK), Dr. Ir Heru Dewanto ST., M.Sc (Eng) (President of Institution of Engineer Indonesia), dan Yanto, S.T., M.S.E., Ph.D (UNSOED, Indonesia).

Selain menghadirkan keynote speaker berkelas internasional, presentasi riset-riset mutakhir di bidang Engineering oleh periset dari berbagai wilayah di dunia. Konferensi ini mencakup topik-topik mengenai Tenaga listrik, Elektronik, Telekomunikasi, Sistem Pengaturan, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Geologi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Material, Teknik Pertanian, Mekanika Komputasi, Mekatronika Biomekanika, Kecerdasan Buatan, Teknik Otomotif, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Arsitektur, Teknologi Kelautan, dan Teknologi Pertahanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian