Dies Natalis ke-21, FT Unsoed Adakan Tasyakuran secara Blended

Sebagai bentuk rasa syukur telah berdiri, berkiprah dan melayani masyarakat dalam bidang pendidikan selama 21 tahun, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman menggelar tasyakuran Dies Natalis ke-21 secara luring di Auditorium Fakultas Teknik  dan secara daring melalui Zoom (27/10). Acara Dies Natalis Fakultas Teknik ke-21 ini dengan Tema “ Transformasi Digital – Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Unggul Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik, Para Wakil Dekan Fakultas Teknik, Para Ketua Jurusan, Para Ketua Laboratorium, Danramil Kec Kalimanah Kabupaten Purbalingga, Kapolsek Kalimanah Purbalingga, Camat Kalimanah Purbalingga, berserta seluruh Dosen, Karyawan dan beberapa perwakilan mahasiswa.

Kegiatan yang diawali dengan laporan Ketua Panitia Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs. dan sambutan oleh Dekan Fakultas Teknik Unsoed, Prof.Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng dan dilanjutkan pembacaan sambutan ucapan Rektor Unsoed (berhalangan hadir). Dalam sambutan Rektor yang dibacakan Dekan FT, Rektor menyampaikan bahwa Dies Natalis tahun ini merupakan sebuah hal yang istimewa, karena bisa dirayakan di gedung baru Fakultas Teknik. Saat ini kita tengah dihadapkan pada disrupsi, yaitu digital milenial pandemik, yang sangat berbeda dengan cara konvensional seperti dahulu kala. Datangnya pandemik juga membuat tatanan kehidupan menjadi tidak sama lagi seperti dulu. Jika kita tidak menyikapinya dengan baik, maka kita akan tergerus dan tersisihkan. Tetapi jika kita melihat itu sebagai tantangan, maka hal tersebut akan dapat memacu kita untuk menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, Dies Natalis Fakultas Teknik ke-21 yang berlangsung dalam situasi seperti ini, sejatinya harus dapat menjadi momentum untuk bertransformasi menjadi institusi yang adaptif dan visioner. Oleh karenanya, Fakultas Teknik Unsoed harus mampu mengambil inisiatif untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dengan kecakapan digital, peka terhadap potensi lokal, sekaligus luwes dengan dialektika jaman. Hal ini sesungguhnya dapat dilakukan oleh sivitas akademika Fakultas Teknik Unsoed, mengingat adanya MBKM dapat membuat FT melakukan terobosan yang revolusioner dalam berkarya. Rektor Unsoed mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan selamat Dies Natalis Fakultas Teknik ke-21 kepada warga Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman. Semoga selalu berkomitmen dan berikhtiar untuk menjadi fakultas yang unggul dalam teknologi serta senantiasa berkontribusi untuk menjadi solusi dan jawaban atas problematika yang terjadi di masyarakat.

Dalam acara tasyakuran tersebut juga dilakukan pemaparan orasi ilmiah tentang Virtual Mesh Refinement (VMR) : Linear Tetrahedral Finite Element yang disampaikan oleh Sugeng Waluyo Ph.D, Dosen Teknik Industri Fakultas Teknik Unsoed. Menurut Pak Sugeng VMR ini dapat meningkatkan kinerja elemen linear tetrahidral, dan dapat memperluas penggunaan LED-FEM dengan VMR untuk tujuan pendidikan, penelitian dan komersialisasi.

Acara tasyakuran dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan kenang-kenangan kepada Bapak Ibu Dosen yang telah berhasil menyelesaikan studi S3, diantaranya Sugeng Waluyo, Ph.D; Dr. Ganjar Pamudji; Dr. Wahyu Widianto; dan Dr. Probo Hardini. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Pegawai Fakultas Teknik yang telah purna tugas, kepada Dosen berprestasi,Tenaga Kependidikan berprestasi, serta kepada 15 jenis prestasi mahasiswa Fakultas Teknik yang telah menjadi juara Tingkat Nasional baik secara individu maupun tim.

Selanjutnya tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik. Dekan menyampaikan bahwa pemotongan tumpeng ini memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur atas berbagai nikmat dan rizki yang telah diterima, dan sebagai wujud harapan ke depan kemana FT ini akan dibawa sehingga potongan tumpeng ini diberikan kepada Dosen maupun Tenaga Kependidikan yang berusia paling muda.

Acara tasyakuran diakhiri dengan pembacaan doa oleh Dr. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom dan ditutup dengan foto bersama antara Dekan dan jajarannya, tamu undangan, panitia dan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian