Asesmen Lapangan Program Studi Teknik Elektro Unsoed Secara Daring oleh Asesor BAN-PT

Rabu 7 Oktober dan Kamis 8 Oktober Tahun 2020, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kemendikbud melakukan Asesmen Lapangan (AL) Prodi Teknik Elektro Unsoed secara daring. Tim asesor BAN-PT terdiri dari : 1) Prof. Ir. Adit Kurniawan, M.Eng., Ph.D (Institut Teknologi Bandung) dan  2) Ir. Gunawan Wibisono, M.Sc., Ph.D (Universitas Indonesia). Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) Program Studi Teknik Elektro yang dilakukan secara daring bertempat di Ruang Rapat Gedung A lantai 2 Fakultas Teknik Unsoed. Pada kegiatan tersebut Rektor Unsoed Prof. Dr.Ir. Suwarto, MS, yang disaat bersamaan melaksanakan kegiatan wisuda, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Asesmen Lapangan secara daring.

Rektor Unsoed dalam sambutannya menyampaikan bahwa akreditasi program studi adalah sebuah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitman Program Studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan sebuah prodi, selain itu akreditasi juga dapat digunakan untuk mewujudkan akuntabilitas publik. Sementara itu, Ketua LP3M Suprayogi, Ph.D, yang menghadiri kegiatan tersebut secara langsung mendampingi Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng. serta Ketua Program Studi Teknik Elektro Farida Asriani, S.Si., M.T., turut memberikan sambutan kepada tim Asesor BAN-PT., dalam pembukaan tersebut dihadiri pula oleh jajaran pengelola Fakultas yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik Acep Taryana, S.Si., M.T., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Winasis, S.T., M.Eng. Wakil Dekan Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Drs. Eddy Maryanto, M.Cs. dan Ketua Senat Fakultas Teknik Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T., M.T.

Kegiatan Asesmen Lapangan ini, dimulai dengan melakukan virtual tour terkait sarana dan prasarana yang ada di Fakultas Teknik dan Program Studi Teknik Elektro.  Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan borang Fakultas dan borang Program Studi oleh pengelola Fakultas Teknik dan Program Studi Teknik Elektro. Prof. Ir. Adit Kurniawan, M.Eng., Ph.D. selaku ketua tim dari BAN-PT yang juga memberikan sambutan secara daring, memulai sesi tanya jawab sekaligus klarifikasi isi borang kepada masing-masing tim akreditasi baik di tingkat Fakultas Teknik maupun Program Studi Teknik Elektro. 

Kegiatan selanjutnya adalah sesi tanya jawab dengan perwakilan alumni dan pengguna alumni, serta perwakilan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro. Peserta mengikuti proses asesmen sangat antusias dalam menjawab beberapa pertanyaan terkait perkembangan Prodi Teknik Elektro beberapa tahun kebelakang dari asesor serta yang tidak kalah penting adalah tentang kualitas lulusan yang dihasilkan serta kontribusi lulusan yang telah diberikan kepada almamaternya.Pada bagian akhir proses Asesmen Lapangan ini dilakukan klarifikasi dengann dengan  para dosen serta tenaga kependidikan. Segala daya dan upaya para pimpinan Fakultas Teknik Unsoed, pengelola Program Studi Teknik Elektro, para dosen, tenaga kependidikan, alumni serta para mahasiswa untuk memberikan yang terbaik dalam proses Asesmen lapangan, penuh dengan harapan dapat membuahkan hasil maksimal dengan perolehan capaian Akreditasi Teknik Elektro dengan predikat A.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian