75 Wisudawan Fakultas Teknik ikuti Wisuda Periode 144 UNSOED

Universitas Jenderal Soedirman / Unsoed menyelenggarakan wisuda Periode; 144 (Maret 2022) secara luring, dan daring melalui platform zoom meeting. Total wisudawan pada periode ini yaitu 1.333, yang terdiri dari;2 orang doktor, 94 orang magister, 101 orang dengan sebutan profesional, 1.076 orang sarjana, dan 60 ahli madya. Tidak hanya itu, 427 orang diantaranya juga dinyatakan lulus dengan pujian atau cumlaude

Adapun wisudawan Fakultas Teknik sejumlah 75 wisudawan, Fakultas Pertanian;125 wisudawan, Fakultas Biologi 39 wisudawan, Fakultas Ekonomi; Bisnis sejumlah 210 wisudawan, Fakultas Peternakan 40 wisudawan, Fakultas Hukum 175 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial; Ilmu Politik 139 wisudawan, Fakultas Kedokteran 145 wisudawan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan 186 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya 89 wisudawan, Fakultas Matematika; Ilmu Pengetahuan Alam 48 wisudawan, Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan 51 wisudawan, dan Program Pascasarjana (Ilmu Lingkungan, Agribisnis, & Penyuluh Pertanian,; Bioteknologi Pertanian) 11 wisudawan.

Wisuda dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, Selasa (15 Maret 202) diikuti wisudawan dari Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik.

Sedangkan pada Rabu (16 Maret 2022) diikuti wisudawan dari Program Pascasarjana (Ilmu Lingkungan, Agribisnis,Penyuluh Pertanian, & Bioteknologi Pertanian), Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan.

Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS. dalam sambutannya menyampaikan adanya pandemi tanpa disadari mengajarkan kita tentang bagaimana bertahan menghadapi kesulitan,  mengasah kepekaan sekaligus menginspirasi, untuk mencari solusi terhadap keadaan yang ada. Menjadikannya sebagai hikmah, agar halangan dan perintang tidak semata-mata menjadi kendala, melainkan mampu memantik ide dan gagasan untuk melalui bahkan melampauinya.; “Sehingga, cara pandang yang penuh ketabahan, pantang menyerah sekaligus selalu bersemangat untuk mencari jalan keluar dari permasalahan adalah kunci dalam menyelami kehidupan dengan segala dinamika yang menyertainya”, ungkap Rektor. 

Pada kesempatan tersebut Rektor menitipkan sejumlah hal pesan kepada para wisudawan sebagai bagian dari bekal mengarungi samudra hidup dan kehidupan. Pertama, kembangkan terus jiwa kecendekiawanan dan kemahiran yang dimiliki, karena hal tersebut akan memandu kita untuk menjadi yang unggul dan berdaya saing dalam berkiprah. Kedua,  asah kepekaan dalam sikap, ucapan maupun tindakan  sehingga memperbesar peluang untuk bertahan, menyesuaikan diri bahkan menjadi pemenang di mana pun kita berada. Serta Ketiga, bangun eksistensi diri melalui kontribusi dan kepribadian yang menghadirkan keselarasan serta produktivitas dalam kinerja.

Terhitung hingga saat ini, Unsoed telah mewisuda tidak kurang dari 107.114  alumni, yang insya Allah menjadi bagian dari tumbuh dan berkembangnya kehidupan di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian