Yudisium/Pelepasan Calon Wisudawan Periode Maret 2019 Fakultas Teknik Unsoed Ke 132

Bertepatan dengan hari Selasa, 26 Februari 2019 bertempat di Ruang Aula FT Unsoed dilaksanakan Yudisium/Pelepasan Calon Wisudawan yang ke 132 Periode Maret 2019 dengan rangkaian acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Laporan Ketua Panitia Yudisium/Pelepasan
  4. Pembacaan Surat Keputusan Dekan tentang Yudisium
  5. Penyerahan Surat Kelulusan
  6. Sambutan-sambutan
  7. Pemasangan Slempang Wisudawan Terbaik
  8. Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri
  9. Pembacaan Doa
  10. Penutup

Hadir pada pelaksanaan Yudisium ini adalah Dekan, para Wakil Dekan, Para Ketua Jurusan, Kepala Bagian Tata Usaha dan para Kasubbag di lingkungan FT Unsoed serta para calon wisudawan periode  Maret 2019.

Acara pembukaan sebagaimana biasa dilakukan oleh Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan FT Unsoed Meike Kusmawanti, S.Si., sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Endang Herawati.

Acara berikutnya adalah laporan ketua panitia, pada kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang Akademik Acep Taryana, S.Si., M.T. menyampaikan laporan bahwa untuk wisuda periode Maret 2019 Fakultas Teknik meluluskan 73 orang calon wisudawan yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil sebanyak 9 orang, Jurusan Teknik Geologi 23 orang, Jurusan Teknik Informatika 21 orang, dan Jurusan Teknik Elektro 20 orang.  Kinerja Yudisium Periode Maret adalah IPK Rata-rata sebesar 3,28, dan masa studi rataan sebesar 4 tahun, Sembilan bulan 17 hari, predikat kelulusan Dengan Pujian 11 orang, Sangat Memuaskan 53 orang, Memuaskan 7 orang, dan predikat Lulus sebanyak 2 orang.  Beliau menyampaikan bahwa capaian kegiatan tersebut adalah buah kerja keras para mahasiswa dari semenjak mengikuti kuliah, praktikum, menyelesaikan Tugas Akhir, Pendadaran hingga diiakukan Yudisium, disamping yang tidak kalah penting adalah dukungan kerja sama dari para pemangku kebijakan.

Penyerahan Surat Kelulusan dilakukan langsung oleh Dekan, didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik kepada para calon wisudawan.

Acara keenam adalah Sambutan-sambutan dan pada kesempatan pertama adalah dari perwakilan calon wisudawan dengan IPK tertinggi 3,83 yaitu Muhammad Humam Arsyad dari Jurusan Teknik Elektro, secara garis besar mengucapkan rasa syukur kepada Alloh dan terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya kepada para civitas akademika Fakultas Teknik Unsoed sehingga dapat mengikuti acara Yudisium ini dengan meraih gelar Sarjana Teknik.

Sambutan kedua selaku Dekan Fakultas Teknik Unsoed Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng. menyampaikan adalah hari-hari yang bersejarah bagi para calon wisudawan yang dapat mengikuti Yudisium dengan menyandang gelar S.T. dari Jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Geologi, sedangkan S.Kom. dari Jurusan Teknik Informatika adalah karunia Alloh yang diberikan serta dukungan moril maupun material dari para orang tua.  Beliau juga menyampaikan bahwa apa yang dicapai saat ini sebenarnya awal melangkah dalam kehidupan sebenarnya, karena ilmu yang telah diperoleh dapat disalurkan untuk bekal mencari lapangan pekerjaan, wirausaha, studi lanjut, dan bahkan untuk berkeluarga .  Dengan menyandang gelar sarjana tidak serta merta berhenti mencari ilmu, karena sejatinya belajar itu tiada henti, apalagi dalam menyongsong era industry 4,0., pada akhirnya beliau berpesan kepada para calon wisudawan setelah terjun ke masyarakat harus selalu menjaga karakter yang baik seperti karakter Jenderal Soedirman.

Selanjutnya Dekan berkenan memberikan slempang calon wisudawan terbaik yaitu kepada :

  1. Muhammad Humam Arsyad, S.T. dengan IPK 3,83 dari Jurusan Teknik Elektro
  2. Abdul Hakim Fadlan Budiman, S.T. dengan IPK 3,39 dari Jurusan Teknik Sipil
  3. Maimunah, S.T.  IPK 3,56 dari Jurusan Teknik Geologi
  4. Muhammad Fachrurrozi Bimo Arfianto, S.Kom. dengan IPK 3,78 dari Jurusan Teknik Informatika

Acara seremonial ini diakhiri dengan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri oleh segenap hadirin kemudian Pembacaan Doa oleh Warsito. (HR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian