Wisuda ke – 141 UNSOED

Universitas Jenderal Soedirman / Unsoed menyelenggarakan wisuda Periode  141 (Juni 2021) secara luring, dan daring melalui platform Zoom. Total wisudawan pada periode ini yaitu 655, yang terdiri dari  5  orang doktor, 26 orang magister, 32 orang dengan sebutan profesional, 503 orang sarjana, dan 89  ahli madya. Tidak hanya itu, 66 orang diantaranya juga dinyatakan lulus dengan pujian atau cumlaude. 

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi pandemi yang belum sirna dari kehidupan kita, menjadi suatu keprihatinan kita bersama.  Suatu kondisi yang membutuhkan kepekaan kecermatan tertentu dalam menyikapinya. Pandemi yang masih ada, seyogyanya harus bisa kita lihat sebagai sumber ide dan gagasan, untuk kemudian diterjemahkan dalam inovasi yang bersifat solutif.   “Ketika kita melihat kesulitan sebagai beban kehidupan,  maka jadilah dia menjadi hal-hal yang melelahkan. Namun, ketika kita melihatnya sebagai kesempatan, sejatinya dia menjadi suatu peluang yang memampukan potensi, kapasitas  dan sumberdaya yang kita miliki untuk menghasilkan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan”, ungkap Rektor.

Pada kesempatan tersebut Rektor mengajak para wisudawan untuk menginternalisasi sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, yakni  Maju Terus, Pantang Mundur dan Tidak Kenal Menyerah. “Semangat Kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang beliau terapkan dalam Perang Kemerdekaan di awal berdirinya republik ini, sesungguhnya masih sangat relevan dengan konteks kehidupan sekarang.   Semua akan sangat ditentukan dari persepsi kita terhadap suatu keadaan. Apa yang terlihat tidak mungkin bahkan mustahil, sesungguhnya sangat bisa dilakukan, selama ada kemauan, kesungguhan dan kehendak untuk menjalankannya.   Insya Allah, sebagai putra-putri ideologis Panglima Besar Jenderal Soedirman, kita semua akan siap maju memasuki hari esok dengan sepenuh keyakinan diri namun tetap dengan kerendahan hati”, pungkas Rektor.

Perwakilan wisudawan Ghazy Primabudi Perdhana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studi, dosen, dan sivitas akademika Unsoed, atas segala ilmu pengetahuan dan berbgai pembelajaran yang luar biasa, bimbingan, dan dedikasinya dalam membimbing. Lebih lanjut disampaikan bahwa hari ini telah bertambah tanggung jawab moral atas gelar yang disematkan bersamaan dengan nama kita. “Tanggung jawab sebagai mahasiswa barangkali memang telah usai, tetapi tanggungjawab atas ilmu dan gelar yang kita miliki akan terus ada selama kita masih hidup”, ungkapnya.  

Saat ini, Unsoed telah meluluskan 103.114 putra-putri terbaiknya yang telah, sedang dan terus berkontribusi di masyarakat serta memberi arti dan manfaat dalam kehidupan

#unsoedmajuterus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian