Webinar Teknik Elektro UNSOED Ulas Introducing 5G

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsoed kembali mengadakan serial webinar, kali ini merupakan seri ke-3, Senin (28/7). Acara yang berlangsung secara virtual dengan menggunakan zoom meeting, menghadirkan narasumber Firman Sujono, S.T (Div NOQM Jateng DIY, Depok Service Quality Assurance).

Mengawali pemaparannya, Firman Sujono, S.T menyampaikan tentang perjalanan telekomunikasi di dunia mulai 1G sampai dengan 5G. Pada tahun 2020 muncul 5G yang merupakan pengembangan dari 4G, sama persis yang berbeda adalah di frekwensinya yang lebih lebar, teknologinya lebih efisien, jumlah antenna lebih banyak, beberapa teknologi yang bisa meningkatkan kecepatan 5G. “yang paling penting di sisi 5G adalah sisi latensi. Latensi ini menjadi sangat penting terkait di otomatisasi kendali”, ungkapnya.  

Lebih lanjut dijelaskan mengenai keuntungan 5G disisi kecepatan, yaitu bisa mencapai 1 Gpps. Dicontohkan pemanfaatannya antara lain streaming UHD Content, HD Video Call, Cloud Gaming, VR Entertainment, Education VR, Fixed Wireless Access, AR Entertainment, dan Telehealth & medicane. Tan

#unsoedmajuterus



Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian