UNSOED Kukuhkan Profesor ke-3 Fakultas Teknik

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengukuhkan Profesor baru, Kamis (28/7). Kali ini Unsoed mengukuhkan 3 (tiga) orang professor yang salah satunya adalah Profesor ke-3 Fakultas Teknik yaitu Prof. Dr. Eng Agus Maryoto ST., MT. sebagai Profesor Bidang Ilmu Teknologi Beton, dan 2 professor lain dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan.

Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr dalam sambutannya mengatakan  perguruan tinggi memiliki tanggung jawab sebagai tempat yang nyaman untuk memantik lahirnya kebaruan ilmu pengetahuan yang selaras dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.  Kampus menjadi ruang perjumpaan antara dunia ideal dan dunia realitas, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi jembatan sekaligus sarana untuk menjadikannya sebagai sesuatu yang nyata.  “Peran strategis tersebut tentunya menjadi sesuatu di mana UNSOED harus hadir dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semangat berperan serta dalam menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sesuatu yang memiliki nilai kemanfaatan bagi kehidupan masyarakat”, ungkap Rektor.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa pemikiran ketiga profesor yang baru saja dikukuhkan ini sungguh membesarkan hati kita semua sebagai insan perguruan tinggi, karena tidak saja melahirkan kebaruan gagasan, melainkan senantiasa mengkontekstualisasikan pada dinamika kehidupan masyarakat.

Prof. Agus Maryoto sebagai profesor ke-3 di Fakultas Teknik dan tercatat sebagai profesor ke-87 di Unsoed. Prof. Dr Eng Agus Maryoto ST., MT dalam orasinya menyampaikan judul “Calcium Strearate Membuat Beton Menjadi Lebih Kedap Air”. Disampaikan bahwa penggunaan calcium stearate telah membuktikan bahwa kekedapan beton terhadap air dapat ditingkatkan sehingga serangan korosi pada tulangan beton dapat diminimalkan. Aplikasi calcium stearate pada beton diharapkan bisa meningkatkan umur layan bangunan sipil yang terbuat dari beton bertulang ataupun beton prategang. Efisiensi penggunaan uang negara bisa dilakukan dengan diketahuinya pengaruh positif pada beton. Ungkap Prof. Agus Maryoto. (Nofi Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian