Tumbuhkan Minat Wirausaha, FT UNSOED Gelar Sosialisasi PMW

Fakultas Teknik Unsoed menggelar sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Jumat (25/2).  Acara ini merupakan kegiatan pengenalan salah satu program unggulan universitas, yakni Program Mahasiswa Wirausaha atau PMW kepada mahasiswa FT.

Acara yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan di FT Unsoed ini dibuka langsung Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Eddy Maryanto, M.Cs. Dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, karena dapat mendorong minat mahasiswa FT untuk berwirausaha.

Dalam acara tersebut selain diberikan materi sosialisasi mengenai PMW, juga disampaikan tips mengikuti program ini. Nur Chasanah, S.Kom., M.Kom, salah satu narasumber sosialisasi mengungkapkan bahwa tips untuk PMW adalah membutuhkan kemauan yang kuat, minat yang besar, ikhtiar dan doa yang kuat, serta kecerdasan softskill.  “Kegiatan PMW membutuhkan semangat yang besar dan komitmen yang kuat dari para mahasiswa agar usaha bisa berjalan dengan proses pendampingan selama kegiatan PMW”, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan mengenai persyaratan mengikuti PMW, yakni mahasiswa Unsoed program D3 dan S1 yang masih aktif angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021, jumlah anggota setiap tim/kelompok adalah 3-5 mahasiswa (ketua dan anggota tim harus ada yang berbeda tahun angkatan(semester) atau lintas program studi/lintas jurusan/lintas fakultas, serta tim PMW 2021 yang telah menjalanakan usaha dengan baik akan mendapatkan prioritas utama untuk mendapatkan modal usaha untuk kegiatan tahun ke 2, tetapi tim harus mengikuti seleksi 1 dan 2. Untuk manfaat program ini sendiri menurut  Nur Chasanah adalah meningkatnya softskill dengan langsung terlibat dalam dunia usaha, meningkatnya jiwa kewirausahaan, dan menumbuhkan jiwa bisnis sehingga mempunyai keberanian untuk memulai usaha/bisnis. Acara ini juga menghadirkan narasmber ke dua yaitu Widhiatmoko Herry Purnomo, S.T., M.T. Pemaparan materinya turut menambahkan informasi tentang PMW dan memberikan wawasan bisnis serta menyempurnakan Sosialisasi PMW ini.

Para peserta pun terlihat sangat antusias sepanjang berjalannya acara. Apalagi saat sesi tanya jawab, banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan dari mereka kepada para narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian