Tim Mospix UNSOED Raih Bronze Award WYIE Competition

Mahasiswa Fakultas Teknik UNSOED telah berhasil meraih Bronze Award pada perhelatan The World Young Inventors Exhibition (WYIE) Competititon 2021. Sebuah kompetisi tingkat dunia yang mempromosikan hasil inovasi, kreativitas, dan daya cipta mahasiswa sebagai inventor muda sejak 2017. WYIE menjadi bagian dari International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX). Wahana pameran inovasi yang pada kancah internasional. Tahun ini digelar oleh Malaysia Inventionand Design Society (MINDS) bekerjasama dengan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), dengan tema “encourage young minds to explore their creative and critical thinking skills through innovative inventions”. Tim perwakilan UNSOED dengan judul inovasi “MOSPIX” (Modern Smart Pill Box) dibawah bimbingan dosen yaitu Azis Wisnu Widhi Nugraha, ST.,M.Eng. (Teknik Elektro Unsoed) dan Rani Aulia Imran, S.T., M.T. (Teknik Industri Unsoed).

Dosen Pembimbing, Azis Wisnu Widhi Nugraha, ST., M.Eng mengatakan kompetisi ini diikuti oleh 11 negara diantaranya Indonesia, Cina, Taiwan, Turki, Hongkong, Malaysia, Thailand, dan negara lainnya. Seluruh tahapan telah dilakukan dari pengumpulan abstrak dan pengumuman lolos seleksi di bulan Agustus sampai penulisan makalah di bulan Oktober.“Tahapan kompetisi diawali dari pengumuman lolos abstrak pada bulan Agustus, dilanjutkan tahapan pendaftaran dan penulisan makalah hingga bulan Oktober 2021. Puncak kegiatan kompetisi WYIE 2021 dilaksanakan presentasi live jugde secara daring pada tanggal 13-14 Desember 2021 berpusat di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Malaysia,” terang Dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNSOED tersebut.

Dosen pembimbing lain, Rani Aulia Imran, ST., MT, menambahkan, tim terdiri dari kolaborasi mahasiswa Teknik Industri dan Teknik Elektro. Berkat kolaborasi dan dukungan dari Fakultas Teknik UNSOED dan kerja keras tim sehingga mahasiswa dapat menyabet Bronze Award dalam kompetisi ini (lihat pengumuman resmi di website https://itex.com.my/result). “Capaian ini berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik dari tim. Mereka dapat mempertahankan karyanya yang diberi judul inovasi Modern Smart Pill Box (MOSPIX) di depan dewan penguji,” jelasnya. Rani menjelaskan tim mahasiswa terdiri dari enam orang yang tergabung dalam karya MOSPIX. Empat mahasiswa dari Jurusan Teknik Industri yaitu Puspita Cahyaningrum (H1E018037), Aulia Annai Nashida (H1E018017), Eva Pramudea Safitri (H1E019038), dan Taufan Muhammad Faqih Taufik (H1E018040). Sementara dua mahasiswa lain dari Jurusan Teknik Elektro yaitu Nur Muhammad Taufik (H1A019001), dan Muhammad Fikra Adzaky (H1A019083).

Ketua tim Mospix, Puspita, menuturkan, MOSPIX adalah produk kotak obat yang terhubung dengan aplikasi pada smartphone. Produk ini dirancang khusus dengan konsep internet of things dalam komponen melalui metode quality function deployment. “MOSPIX dirancang khusus untuk pasien yang menderita penyakit berat melalui sebuah aplikasi. Perangkat ini digunakan untuk sinyal pengingat jadwal pengobatan dan menampilkan laporan disiplin pasien dalam minum obat kepada orang terdekat atau petugas kesehatan terkait,” penjelasan mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik UNSOED itu.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah !
(Rani Aulia Imran/Musmuallim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian