Teknik Geologi Juara 1 Geologi Case Study (GCS) Tingkat Nasional

Tim Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) berhasil meraih juara 1 dalam lomba Geology Case Study ( GCS) Tingkat Nasional, pada  Dies natalis yang ke -15 atau Perayaan Tahunan dr.Bumi (Petabumi) 2021. Tema yang diangkat kali ini yaitu Heritage For The Better Future. Acara ini dilaksanakandengan8 rangkaian kegiatan berupa Opening Ceremony, Bertaut, dr.Bumi Collection, Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK), Geology Case Study (GCS), Video Competition, National Webinar, dan ditutup dengan Closing Ceremony yang dilaksanakan di Gedung Soetedja, Purwokerto dan Platform Zoom Meeting.

Tim Teknik Geologi UNSOED mengangkat tema “Disaster Risk Reduction In Urban Area”. Tim yang merupakan mahasiswa angkatan 2018 terdiri dari Atitar Wodha Rabbani (H1C018026), Annisa Helly Suranda (H1C018029), dan Fikri Mahendra Malik (H1C018028) dibimbing oleh Dosen Teknik Geologi UNSOED yaitu Ir. Januar Azis Zaenurrohman, ST., M.Eng., IPP..

Atitar Wodha Rabbani mengatakan bahwa Geology Case Study (GCS) merupakan kompetisi yang bertujuan untuk menggali ide kreatif dalam rangka menjawab tantangan terkini di bidang kebencanaan dengan mengaplikasikan pengetahuan dari kacamata geologi, kegiatannya adalah membuat tulisan/karya ilmiah dari suatu studi kasus kemudian membuat laporan, poster, dan presentasi.

Adapun tahapan dari Geology Case Study (GCS) yang pertama adalah melakukan pendaftaran dengan mengumpulkan essay dan dipilih 8 tim terbaik (ITB, UGM (2 Tim), UNPAD (2 Tim), UI, UNSOED, dan Universitas Bayangkari Jakarta. “Para peserta yang lolos tahap essay akan diberikan Case Study dengan tiga topik tema yang berbeda, yaitu : Banjir, Longsor, dan Gempa. Kemudian para peserta diminta untuk membuat laporan hasil kajian dan poster yang akan dipresentasikan di depan dewan juri”, ungkapnya. Dari total penilaian dewan juri menyatakan Tim Sphericity Unsoed memperoleh juara 1, kemudian di posisi ke 2 Tim 14Aceria UGM, dan posisi ketiga Tim Yeay Team UGM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian