Teknik Elektro UNSOED Gelar Webinar Tentang Dasar PLTS dan Aplikasinya

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsoed menggelar webinar Seri 1 dengan tema “Dasar PLTS dan Aplikasinya”, Jum’at (25/6) secara virtual dengan zoom meeting. Hadir sebagai narasumber Temon Soejadi ST (Praktisi PLTS, Owner Solar Energy Power, Direktur CTO Koperasi Energy Desa Indonesia).

Ketua Jurusan Teknik Elektro Farida Asriani S.Si.,MT dalam sambutannya mengatakan bahwa serial webinar dilaksanakan bertujuan untuk menjembatani ilmu yang didapat mahasiswa di perkuliahan dengan praktek di lapangan, sehingga akan menambah pemahamaan bagi mahasiswa. “Dengan kegiatan ini menambah wawasan / pengetahuan paraa mahasiswa teknik elektro, dan juga para dosen tentang pengembangan PLTS”, ungkapnya.

 Temon Soejadi ST dalam materinya menyampaikan tentang “Dasar-dasar listrik tenaga surya dan aplikasinya”. Mengawali pemaparannya, narasumber menyampaikan tentang REI (Renewable Energy Indonesia), dan kita mempercepat penggunaan REI. Agenda-agenda REI salah satunya adalah kunjungan industri antara lain ke PLTA Cirata Comisioning & Testing 125 MW, dan kunjungan industri ke pabrik panel surya, serta REI juga ada training center.

Lebih lanjut disampaikan tentang apa itu PLTS dan menjadi bagian dari energy terbarukan. Menurutnya potensi energy terbarukan di Indonesia lebih dari 44 MW, dan tujuannya adalah untuk menyelamatkan lingkungan. Panel Surya memiliki keunggulan yaitu sumber energy didapatkan secara gratis, menghemat biaya listrik dalam jangka panjang, biaya rata-rata tenega surya sepertiga kali lebih murah disbanding pembangkit listrik batu bara, dan tidak memakaai bahan konstruksi yang berat. Secara efektivitas dapat dipasang dimana saja sesuai kebutuhan, panel surya dapaat dioperasikan secara otomatis, pamasangan & perawatan mudah.

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) adalah sistem pembangkit merubah cahaayaa matahari menjadi listrik dengan menggunakan fotovaltaik. Saat ini semakin banyak pengguna PLTS di Indonesia, contoh di Jakarta naik signifikan sampai 27 %, dengan pengguna 703. “di Jawa Tengah menuju pemerataan energy listrik panel surya”, jelasnya.  

Aplikasi panel surya dalam kehidupan, salah satunya yang menarik adalah Pompa Tenaga Surya, Light Trap, Lampu Tenaga Surya, Smart Feeder, Edukasi, Security & Data Center, Bisnis, Rooftop, Power Box, Riset, dan Komunitas.

#unsoedmajuterus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian