Sukseskan Gelaran Kontes Robot Indonesia Regional 3 Unsoed 2019

Unsoed menjadi tuan rumah perhelatan prestisius yaitu Kontes Robot Indonesia Regional III (KRI-R3), dan Regional 3 meliputi area Jawa bagian tengah, kalimantan bagian timur dan selatan, perhelatan besar tahunan yang diadakan Kemenristekdikti akan digelar mulai tanggal 25 sampai dengan 27 April 2019. Pada kegiatan kontes robot tahun ini, Tim Robotik UNSOED kembali mengikuti perlombaan untuk divisi Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dan Robot ABU Indonesia (KRAI). 

Berdasarkan hasil uji lapangan oleh para dosen pembimbing maka dipastikan Unsoed dalam hal ini Tim Robotik Fakultas Teknik akan unjuk gigi dengan menampilkan robot yang akan mengikuti lomba dari dua tim divisi robot yaitu :

  • Divisi KRPAI terdiri dari Saeful Muk’min, Fahmi Khoerullatif, Naufal Ramadhan A., Ragil Subekti, Muhammad Rifqi K., Ian Derry, Abu Bakar A.S.A.M, Syafrudin Rais A., dan Doni Maulana Sipa dengan nama “Soedirman-P Team”
  • Divisi KRAi terdiri dari Saeful Mu’min, Firman Adi Wicaksono, Vita Anjarwati, Chulqy Rasyid Hidayat, Riski Nurhidayah, Aom Muhammad I., Helga Irsyada K., Abdus Sa’ied R., Firgiawan Ikhsanja, Kevin Okta Prima, Aditya Rachman, Danang Tri W., Rijal Islami, Febriansyah Dwi Putra, Triska Arumsari MK. dengan nama “Blakasutha”.

Sampai saat ini, kedua tim berupaya mengoptimalisasi fungsi kerja robot sesuai dengan spesifikasi yang tertulis pada persyaratan dan sesuai ketentuan perlombaan, sehingga memperoleh hasil seoptimal mungkin. Menurut sumber Kemenristekdikti Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Tingkat Nasional. Juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2019 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2019 di Mongolia. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2019 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2020 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2019 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2020

Untuk dapat mengikuti KRI 2019, setiap tim calon peserta mengajukan proposal yang ditujukan ke Panitia Pusat KRI 2019 dengan persetujuan Pimpinan Perguruan Tinggi masing-masing. Persyaratan tim, mekanisme pengajuan proposal dan form pendaftaran dapat dilihat pada Panduan KRI 2019. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unsoed Drs. Eddy Maryanto, M.Cs. menargetkan tim FT Unsoed pada ajang kontes ini mendapat nominasi terbaik pada kedua divisi robotnya.(HR

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian