SNMPTN 2021 Dimulai, Cek Persyaratannya !

Mengawali tahun 2021, rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru telah dimulai. Ya,  dari 3 ( tiga ) jenis model seleksi, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri telah dimulai rangkaiannya mulai Senin (4/1).  Ada pun SNMPTN ini khusus diperuntukkan siswa SMA/SMK/MA kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2021 berdasarkan prestasi nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya.  “ Hal yang paling penting dan mendasar bagi peserta SNMPTN adalah harus memiliki akun LTMPT, sebagai dasar pengisian PDSS dan mendaftar SNMPTN, “ ungkap Sekretaris Unit Layanan Terpadu (ULT) Unsoed, Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si., MIPR. Terkait jadwal, registrasi akun dimulai 4 Januari s/d 1 Pebruari 2021, penetapan siswa yang eligible oleh sekolah berlangsung dari 4 Januari s/d 8 Pebruari,  pengisian PDSS dari tanggal 11 Januari hingga 8 Pebruari, pendaftaran SNMPTN berlangsung pada 15 – 24 Pebruari, dan hasilnya akan diumumkan 22 Maret 2021 mendatang.

Dia menjelaskan, sekolah yang bisa mendaftarkan peserta didiknya di SNMPTN adalah yang memiliki NPSN dengan ketentuan, bagi yang terakreditasi A adalah 40 % terbaik di sekolahnya, akreditasi B berjumlah 25 % terbaik dan akreditasi C serta lainnya dapat mengirimkan 5 % yang terbaik, termasuk mengisi PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.  “ Ada pun untuk siswa, selain berprestasi, dipersyaratkan untuk memiliki NISN,  terdaftar di PDSS dan memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di pada PDSS. “ Khusus bagi yang hendak memilih program studi seni dan olahraga, maka wajib mengunggah portofolio, tambahnya.  Wisnu juga menyampaikan, nanti ketika memilih program studi, disarankan untuk tidak lintas minat dan siswa dapat memilih dua program studi dari 1 PTN atau 2 PTN.  “ Untuk diperhatikan, jika memilih dua program studi, maka salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Ada pun jika hanya memilih satu program studi, boleh memilih PTN di mana pun, “ tandasnya.  Ditambahkannya pula bahwa Khusus untuk peserta pelamar beasiswa KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH khususnya bagi Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Informasi detil dapat dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi seputar SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT di https://www.ltmpt.ac.id serta call center di 0804-1-450-450. Ada pun khusus  untuk informasi tentang seputar Unsoed, program studi dan seleksi masuknya, dapat membuka laman resmi http://spmb.unsoed.ac.id atau dapat menghubungi ULT Unsoed di 0281-635292 ext. 191 termasuk layanan surat elektronik melalui spmb@unsoed.ac.id dan info@unsoed.ac.id (Wis/Wan)

#unsoedmajuterus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian