PII Fakultas Teknik Adakan Webinar Penggunaan Aplikasi Mendeley

Pusat Informasi Ilmiah Fakultas Teknik mengadakan webinar dengan tema “Penggunaan aplikasi mendeley untuk sitasi penulisan karya ilmiah” (27/11). Kegiatan webinar ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Webinar dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa, Dosen dan peserta dari universitas di luar Unsoed.

Acara webinar diawali dengan sambutan ketua panitia, Priswanto, S.T., M. Eng. Dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan fakultas, dan kepada seluruh peserta webinar. Selanjutnya Ketua Panitia menyampaikan bahwa webinar ini sebagai wadah untuk belajar mengaplikasikan membuat sitasi dalam penulisan karya ilmiah atau tugas akhir mahasiswa. Sitasi atau kutipan pengambilan kalimat dari suatu karya tulis lain sebagai acuan untuk penulisan karya ilmiah. Karya ilmiah dari orang lain perlu disitasi untuk penulisan karya ilmiah kita, dengan mensitasi kita menghargai hasil karya orang lain dan terhindar dari plagiarism. Kita semua belajar bersama, mendapatkan pengetahuan yang dapat diimplementasikan dalam penulisan karya ilmiah dan penulisan tugas akhir.

Selanjutnya sambutan Dekan FT yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Acep Taryana, S.T., M.T., menyampaikan bahwa dengan adanya webinar ini nantinya mampu mendorong mahasiswa membuat karya ilmiah atau tugas akhir yang lebih bagus dan lebih rapi dalam penyusunan daftar Pustaka, karena mahasiswa dapat mensitasi dalam karya ilmiah melalui aplikasi Mendeley. Dengan sitasi yang baik nantinya menghindari plagiarism. Mahasiswa yang menggunakan Mendeley dapat dilihat dari project semakin bagus ketika Dosen melakukan koreksi terhadap tugas akhir. Berbanding terbalik terhadap mahasiswa yang tidak menggunakan Mendeley grafik kinerjanya.

Webinar ini menghadirkan narasumber Novy Diana Fauzie, S.S., M.A dari UMY. Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan bahwa dengan Mendeley mencegah plagiarism, menulis bibliografi jadi sangat mudah dan sesuai dengan standar yang diinginkan oleh pembimbing, pencarian referensi dengan cepat, dengan Mendeley kita bisa sharing informasi. Tidak perlu cemas dengan hasil pencarian yang telah kita simpan di Mendeley. Di dalam Mendeley kita mempunyai folder yang berisi referensi yang kita cari. Ketika kita mensitasi carilah sumber yang bagus untuk sumber rujukan. Jangan sampai mencari sumber yang tidak sesuai dengan bidangnya. Mahasiswa diharapkam mampu mengoperasian Boolean untuk mencari referensi sesuai dengan keinginan kita.

Di akhir sesi webinar ditutup dengan closing statement bahwa di perpustakaan sudah banyak jurnal yang dilanggan baik oleh institusi maupun oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, tinggal bagaimana kita sebagai mahasiswa mampu memanfaatkan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian